Humas RSUD Jombang Menyapa, Kupas Tuntas Kanker Ginjal bersama dr. Yohan Afandi,SpU Spesialis Urologi RSUD Jombang

Jombang’Kab, www.panjinasional.net – Organ Ginjal merupakan dua organ berbentuk seperti kacang seukuran kepalan tangan terletak di kedua sisi punggung bagian tengah, tepatnya dibawah tulang rusuk dengan fungsi menyaring darah dan membuang kelebihan air serta zat sisa tubuh melalui urine. Ditayangan Kupas Tuntas Kanker Ginjal bersama dr. Yohan Afandi,SpU Spesialis Urologi RSUD Jombang, Rabu (23/8/2023).

Dalam kemasan dialog Humas RSUD Jombang Menyapa, Spesialis Urologi RSUD Jombang, dr. Yohan Afandi,SpU menyampaikan bahwa

Kanker ginjal terjadi dengan adanya perubahan sel pada ginjal menjadi ganas, faktor risiko terjadinya kanker ginjal beberapa diantaranya merokok, obesitas, hipertensi, serta adanya riwayat keluarga yg memiliki penyakit serupa.

“Bahaya kanker ginjal dapat merusak fungsi ginjal dan menyebar ke organ lain seperti paru, otak dan tulang. Gejala yang mungkin muncul adalah kencing disertai darah, nyeri pinggang, dan teraba benjolan di pinggang. Pada tahap lanjut dapat mengalami badan lemas, penurunan berat badan, tidak nafsu makan mual dan muntah,” tutur dr. Yohan.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, di RSUD Jombang dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan urine, USG, bahkan CT scan untuk mendiagnosis penyakit kanker ginjal. “Terapi pada pasien Kanker ginjal diperlukan operasi pengangkatan tumor ginjal, jika kondisi tidak memungkinkan untuk operasi maka akan disarankan pemberian terapi obat-obatan” terangnya.

Sementara untuk pencegahan kanker ginjal bisa dilakukan dengan berhenti merokok, tatalaksana penyakit komorbid  (diabetes atau hipertensi), segera ke dokter apabila terdapat keluhan. Skrining rutin dengan general medical check up di RSUD Jombang dapat dilakukan guna mendeteksi penyakit lebih dini.

“Untuk penanganan kanker ginjal bisa dikatakan baik apabila¬†

ditemukan sedini mungkin dan buruk apabila sudah terdapat penyebaran ke organ lain. Dan perlu kita ingat bahwa penyakit kanker ginjal bisa sembuh Apabila diketahui sedini mungkin, yang kedua waspada apabila ada gejala dan riwayat keluarga yg memiliki penyakit serupa,” pungkas dr. Yohan Afandi Spesial is Urologi RSUD Jombang.

Untuk pelayanan poli urologi buka dari hari senin sampai dengan hari jum’at. Untuk jam buka loket pendaftaran poli rawat jalan hari senin-kamis jam 07.00 – 12.30 WIB dan khusus hari jum’at jam 07.00-11.00 Wib.@ADV/Kris*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *