Pj Gubernur Jateng Ingin Pers Dorong Masyarakat Jadi Pemilih Cerdas dan Bijak

Kadiskominfo Provinsi Jateng Riena Retnaningrum menerima potongan tumpeng dari wartawan senior H Soecipto disaksikan Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan para undangan

Semarang Panjinasional – Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana berharap momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2024, media bisa menjadi booster semangat dalam berkaraya. Dalam konteks Pemilu 2024, pihaknya berharap media dan wartawan bisa mendorong masyarakat menjadi pemilih cerdas dan bijak.

Dia menilai, tema HPN yang diangkat yaitu ”Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa” sesuai dengan kondisi saat ini.

Nana menyampaikan hal tersebut dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum dalam tasyakuran HPN yang digelar PWI Jawa Tengah di Gedung Pers, Semarang, Jumat pagi 9 Februari 2024.

”Pilpres dan Pileg yang tinggal hitungan hari, sebagai pilar demokrasi dan pemegang fungsi kontrol sosial, pers harus bisa mencerdaskan, mendidik, memberikan literasi yang benar.  Kedepankan cover both side dan verifikasi. Dalam konteks penyelenggaraan pemilu, pers harus jadi pendorong masyarakat untuk jadi pemilih cerdas,” tandasnya.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Pj gubernur juga mengingatkan dua peran pers di masa kemerdekaan. Yaitu sebagai aktifis pemberitaan yang membangkitkan kesadaranm nasional atas situasi yang terjadi, dan aktifis politik dalam perlawanan melawan penjajah.

Resepsi dan tasyakuran yang merupakan rangkain HPN tingkat Jateng itu, dihadiri juga Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, Ketua Komisioner KIP Jateng Indra Ashoka Mahendrayana, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan Rektor Universita Semarang Supari.

Selain itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS dan jajarannya, Ketua DKP PWI Sri Mulyadi, mantan Ketua PWI Jateng Soetjipto SH, pimpinan media, tokoh pers, wartawan senior, dan perwakilan mitra kerja, diantaranya dari PLN Distribusi Jateng dan DIY, Hotel Khas Semarang, Hotel Plaza, Hotel Horison Ultima, dan Hotel Candi Indah.(Mim).

Ikuti Berita Apdate: https://panjinasional.net

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *