Di Smelter PTFI Gresik, Menaker Canangkan BK3N 2024

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah (tengah) didampingi oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Haiyani Rumondang (kiri), Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi (kedua kiri), Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (kedua kanan) dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (kanan) menekan sirine sebagai tanda pencanangan Bulan K3 Nasional 2024.
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah (tengah) didampingi oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Haiyani Rumondang (kiri), Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi (kedua kiri), Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (kedua kanan) dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (kanan) menekan sirine sebagai tanda pencanangan Bulan K3 Nasional 2024.

GRESIK, Panjinasional.net – Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada 12 Januari sampai 12 Februari 2024 dicanangkan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah di Pabrik Smelter PT Freeport Indonesia Kawasan JIIPE Manyar Gresik Jawa Timur. Jumat (12/1/2024)

Pemerintah selalu mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3 agar tercipta ekosistim ketenagakerjaan yang unggul di tempat kerja.

Tema bulan K3 2024 adalah “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.” seperti yang disampaikan Ida Fauziyah Menaker dalam sambutannya.

“Salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya K3. Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” kata Ida sapaan akrabnya saat Apel Peringatan dan Pencangan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di Gresik.

Bacaan Lainnya

Mengacu pada laporan BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2021 terdapat 234.372 kasus kecelakaan kerja, pada 2022 terdapat 298.137 kasus dan hingga Oktober 2023 terdapat 315.578 kasus kecelakaan kerja. dari situ dapat dilihat bahwa setiap tahun terjadi kenaikan jumlah kejadian dalam kasus kecelakaan kerja.

“Untuk itu kami mengajak dan mendorong terus kepada pengurus perusahaan untuk menerapkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) secara konsisten sebagaimana ketentuan perundangan yang berlaku, sehingga budaya K3 melekat pada setiap individu yang berperan serta di perusahaan dan terwujudnya peningkatan produktivitas kerja,” pintanya.

Upaya pengawasan dan pembinaan secara nasional terhadap pelaksanaan K3 selalu di tingkatkan melalui berbagai kebijakan, penysunan norma, standarisasi, kriteria dan prosedur.Peningkatan kompetensi, profesionalisme pengawas, penguji dan keahihan agar pelayanan kepada pengusaha, pengurus perusahaan dan masyarakat, bisa berjalan dengan baik.

Tinjau Smelter PTFI

Usai membuka BK3N 2024, Menaker meninjau proyek pembangunan smelter yang telah mencapai 90,5 persen, sesuai target linimasa kurva-S dari pemerintah.

Ida mengapresiasi PT Freeport Indonesia atas capaian lebih dari 25 juta jam kerja selamat pada proyek pembangunan smelter PTFI. “Itu semua bisa terlaksana karena PT Freeport
Indonesia telah melaksanakan syarat-syarat K3 sesuai ketentuan perundang-undangan, maka
pelaksanaan Bulan K3 Nasional kami tempatkan di PT Freeport Indonesia,” kata Ida.

Pembangunan Smelter PTFI merupakan bagian dari dukungan terhadap program pemerintah dalam hilirisasi tambang. Smelter akan mulai beroperasi pada akhir Mei 2024 dan secara bertahap akan meningkatkan produksi hingga mencapai kapasitas penuh pada Desember 2024.

Pabrik peleburan dan pemurnian tembaga yang memiliki kapasitas produksi 1,7 juta dry metric
ton (dmt) konsentrat tembaga ini, akan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi mengatakan aspek keselamatan adalah yang utama dalam seluruh kegiatan operasi PTFI. Setiap karyawan menjalankan nilai-nilai SINCERE dalam bekerja, dan menempatkan Safety sebagai prioritas utama.

“Perusahaan memastikan karyawan menjunjung tinggi keselamatan dalam menjalankan setiap aktivitas perusahaan,” katanya.

SINCERE merupakan singkatan dari nilai-nilai inti perusahaan, yang terdiri dari Safety/Keselamatan, Integrity/Integritas, Commitment/Komitmen, Respect/Rasa Hormat,dan Excellence/Keunggulan.

Nilai-nilai ini menjadi pedoman perilaku yang diinternalisasi dalam
bisnis dan budaya perusahaan, serta terintegrasi pada semua level unit bisnis.

Sementara itu peringatan BK3N 2024 juga berlangsung di area kerja PT Freeport Indonesia, di
Kabupaten Mimika, Papua.

Upacara BK3N 2024 dilaksanakan di area pabrik pengolahan bijih (SAG #3 Mile Post 74) dan dihadiri oleh perwakilan karyawan, kontraktor, dan perusahaan mitra PTFI.

Kepala Teknik Tambang PTFI, Carl Tauran menyampaikan pesan serupa, menekankan pentingnya keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam setiap aktivitas.

“Kerja sama yang erat antar karyawan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan budaya kerja yang sehat dan selamat. Masing-masing kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan diri kita,
rekan kerja, dan seluruh entitas perusahaan kita bekerja dengan selamat,” kata Carl.(shol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *