Ketua DPRD Gresik Gandeng GP Ansor Kampanyekan Pola Hidup Sehat Dengan Gerakan Minum Susu Bareng

0
56
Ketua DPRD Gresik Bersama GP Ansor Saat Kampanye Gerakan Minum Susu di Pasar Rakyat

Gresik, www.panjinasional.net – Perlunya manjaga pola hidup sehat dalam keseharian sebagai bentuk pencegahan sejak dini terhadap stunting juga merupakan edukasi yang disampaikan Ketua DPRD Gresik bersama GP Ansor di acara Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022 di Alun-alun Sidayu.

Ketua DPRD Gresik M Abdul Qodir mengatakan, acara dialog dan gerakan minum susu bareng ini merupakan bentuk sinergi legislatif bersama GP Ansor Gresik melakukan kampanye tentang pola hidup sehat untuk menurunkan angka stunting di Gresik.

“Angka stunting di Gresik 24 persen. Pada tahun 2022 ini mengalami kenaikan. Ada kenaikan 0,17 persen kenaikan stunting di Kota Pudak ini,” ucapnya setelah acara.

Menurut Qodir, forum seperti ini sebagai bentuk menjaga masyarakat dari kasus stunting. Khususnya pada ibu hamil, dan pasangan muda usia produktif. Untuk menjaga kebutuhan gizi. Utamanya protein hewani.

“Ini sangat berpengaruh keberlangsungan janin agar terhindar dari stunting,” jelasnya.

Selain itu, forum kegiatan yang ada di pasar rakyat dan festival santri 2022 oleh GP Ansor ini juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kerakyatan. Melalui UMKM yang turut memeriakan acara hingga 25 September nanti.

“Hingga banyak produk-produk lokal yang turut andil dalam acara ini untuk menjaga ekosistem ekonomi masyarakat sekitar. Agar pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19 bisa lebih cepat,” paparnya.

“Upaya kita dalam menekan angka stunting bersama-sama. Sudah diatur dalam Permendes, Permendagri terkait penggunaan dana desa. Nah, dana desa ini ada ketahanan pangan. Salah satunya ketersediaan protein hewani maupun protein lainnya,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim Indyah Aryani mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegaitan promosi dan kampanye gizi dan protein hewani ini.

“Nantinya masyarakat bisa melakukan kebiasaan minum susu, makan protein, karbohidrat. Serta melakukan pola hidup sehat. Mulai dari anak-anak hungga masyarakat di usia lansia,” ucapnya. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here