Proses Jual Beli Tanah Negara DiDuga Oleh Oknum Kades

0
20

Panjinasional.net Jateng Pati – Tiga puluh tahun sudah pengelolaan lahan milik Negara oleh almarhum Sunar 60 tahun, yang pernah tugas di TNI AD, Pati Jawa Tengah. lahan tersebut di wilayah desa Mukti harjo Kecamatan Mager rejo Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Kepala Desa Mukti Harjo “Suwarto 56 tahun”, saat di klarifikasi awak media di kantornya terkait penguasaan dan jual beli lahan milik negara yang saat itu masih dalam pengelolaan anak dari

Almarhum Sunar 60 tahun lahir di Sukoharjo Solo yang pernah dinas di TNI AD pangkat Serma di Pati.

Menurut Sartono, 45 tahun orang tuanya dengan kesehariannya bantu merawat lahan di desa Mukti Harjo milik TNI AD setelah pulang dinas ke lokasi yang bersebelahan dengan lahan yang dikelola oleh almarhum dan sampai saat ini diteruskan pengelolaannya oleh Wartono anak dari almarhum.  Kepala Desa Muktiharjo (Suwarto) saat itu tidak bisa menjelaskan adanya penguasaan lahan oleh Eny yang di jual kepada Edy selaku perangkat desa setempat Senin 27/6/2022.

Tanah milik Negara yang di kelola oleh Sartono 45 tahun, saat ini dijual oleh Eny ke Edy selaku perangkat dengan jabatan Kasipem desa Muktiharjo, sedangkan penjualan lahan yang dilakukan Eny Sugiyati 49 tahun warga Desa Taman Sari, kepada Edy dilanjutkan proses pengajuan sertifikat maka diduga jual beli dibawah tangan. Sedangkan yang di lakukan oleh Eny merupakan alih penguasaan tanpa ada kordinasi dengan Sartono yang sudah mengelola lahan selama 40 tahun yang meneruskan dari almarhum Sunar 60 tahun.

Dalam proses  pengajuan  sertifikat melalui desa yang di duga dilancarkan oleh perangkat dan kepala desa setempat maka terbitnya sertifikat dari kantor BPN Pati Jawa Tengah dengan proses bawa tangan tanpa ada saksi dari pengelola anak dari almarhum Sunar 60 tahun, warga Desa Muktiharjo rt 02/ rw 03 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Jawa Tengah.(Tatak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here