Ber Tahun-Tahun Sempat Dipasung Kini Kembali Ke Tengah-Tengah Keluarga

0
207
Drs Achmad Zulkarnain, M.H Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumenep
Ikram (kiri) Pasien ODGJ sudah sembuh dan kembali ditengah keluarganya

Panjinasional.net Sumenep | Setelah ber tahun-tahun sempat dipasung kurang lebih 10 tahun seorang warga Desa Kebunan, Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep karena mengalami gangguan jiwa, Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), akhirnya kini kembali ke tengah-tengah keluarga tercintanya.

Hal ini karena Ikram selesai dilakukan perawatan di Rumah Sakit Menur Surabaya (RSJ) selama hampir kurang lebih hampir 30 hari menjalani perawatan di Rumah Sakit Menur Surabaya (RSJ).

Kembalinya Ikram ditengah-tengah keluarga tercinta tidak lepas dari peran dan responsif Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep. 

Rahwini selaku adik dari Ikram mengucapkan rasa syukurnya karena kondisi dari saudaranya saat ini sudah membaik dan sudah kembali ketengah-tengah keluarga.,” Alhamdulilah sudah pulang lagi kerumah dan Insyaallah sudah 80-90% kondisi dari fikiran (kejiwaan) sudah membaik,” ucap Rahwani. Minggu (3/7/2022).

” Dan mudah-mudahan untuk selanjutnya akan terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) juga menyampaikan puji syukurnya karena telah bisa mengembalikan salah satu warga Sumenep ketengah-tengah keluarganya. 

” Puji syukur kehadirat Allah swt karena kita dapat mengembalikan salah satu warga kita ke tengah-tengah keluarganya. Semoga Pak Ikram bisa hidup normal kembali. Kepada semua pihak yang telah membantu proaes ini saya sampaikan terimakasih semoga bernilai ibadah aamin…,” ucapnya singkat saat menjawab pesan WhatsApp media Panjinasional.net. Minggu (3/7/2022).

Dilansir dari berita sebelumnya hasil pantauan langsung awak media pada hari ini, Selasa 8 Juli 2022. Dimana Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumenep, Drs Achmad Zulkarnain, M.H, bersama timnya terjun langsung ke Desa Kebunan, Kecamatan Kota Sumenep untuk menjemput langsung Ikram, warga setempat yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ)

Bahkan Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumenep yang akrab disapa DZulkarnain ini sangat terkejut dan prihatin melihat kondisi Ikram dengan keadaan terpasung selama 10 tahun lebih.

” Ini kita langsung turun ke lapangan pasca tadi mendapat laporan. Seperti yang kita lihat bersama, kondisi pak Ikram sangat miris sekali, selama 10 tahun lebih dipasung seperti ini,” ujar Zulkarnain, Selasa (8/6/2022) di lokasi.

Mantan Camat Lenteng ini juga  menuturkan jika pihaknya akan segera mengirim Ikram ke rumah sakit jiwa (RSJ) di Surabaya agar mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal.

” Hari ini kita akan lepas pasungnya. Dan kita akan bawa dulu ke RPS supaya pak Ikram tenang dulu, baru nanti jam 02.00 wib dini hari akan kita kirim ke RSJ Menur Surabaya,” tambahnya.

Ia mengatakan, bahwa pak Ikram butuh perawatan yang lebih intensif dan efektif. Sehingga selama 21 hari ke depan Ikram akan di rawat di RSJ Menur Surabaya.

” Targetnya pak Ikram selama 21 hari akan dirawat di RSJ Menur, dikasih obat, mudah-mudahan diminum teratur obatnya. Sehingga pak Ikram ini bisa sembuh dan bisa kembali ke tengah-tengah keluarganya,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa Kebunan melalui Sekdesnya, Ach. Sayadi, mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas Sosial P3A Sumenep yang telah memberikan perhatian khusus kepada Ikram selaku warga setempat.

” Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinsos Sumenep yang telah membantu pengobatan warga kami,” kata Sayadi Sekdes Kebunan.

Karena kata Sayadi, selama ini Pemerintah Desa Kebunan hanya bisa membantu pengobatan Ikram di tingkat Puskesmas saja. Karena untuk dilakukan pengobatan ke tingkat yang lebih tinggi ada salah satu keluarganya yang tidak setuju.

” Alhamdulilah berkat Dinas Sosial pak Ikram bisa mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal dan pihak keluarganya telah setuju untuk dirawat di RSJ Surabaya,” ucapnya.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here