Kolaborasi Pelatihan Karya Foto Jurnalistik Pecinta Alam Untuk Siswa SMA dan SMK

0
13
Don Hasman, fotografer senior etnofotografi saat memberikan sambutan dan sekaligus narasumber workshop fotografi

“Hanya profesi Jurnalis yang mempunyai hak prerogative untuk merahasiakan dan melindung sumber beritanya karena diatur dalam Undang-Undang, yang lainnya tidak punya, termasuk seorang Presiden pun tidak punya hak begitu”

Panjinasional.net Surabaya – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam “Prapala” STIKOSA-AWS (Sekolah  Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya), menggelar acara _“Seminar Media Sosial dan Jurnalistik”, “Workshop Fotografi Jurnalistik dan Alam” dan “Pameran Karya Jurnalistik Lintas Generasi Prapala STIKOSA-AWS.

Tiga kegiatan tersebut merupakan  bagian dari serangkaian Dies Natalis ke- 31 Prapala STIKOSA-AWS berlangsung di Joglo kampus dan ruang Multi Media STIKOSA-AWS, Kamis (30/6/2022).

Serangkaian kegiatan Dies Natalis Prapala STIKOSA-AWS ini juga menggandeng sejumlah stakeholder instansi pemerintah, yaitu Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur. Serta para tamu undangan yang hadir.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT., yang diwakili oleh Drs. Abdul Salam, MM. selaku Pengawas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur Dr. Hudiyono, M.Si. yang diwakili  oleh ibu Yanti, Don Hasman Fotografer Etnofotografi, Ketua STIKOSA-AWS Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM., Noor Arief Wartawan Senior Harian DI’sway, dan para peserta siswa SMA/SMK beserta guru pendampingnya. 

Dalam sambutan pembukaan, fotografer senior Etnofotografi  Don Hasman mengatakan, 

“Hanya profesi Jurnalis yang mempunyai hak prerogative untuk merahasiakan dan melindung sumber beritanya karena diatur dalam Undang-Undang, yang lainnya tidak punya, termasuk seorang Presiden pun tidak punya hak begitu,”kata Don Hasman.

Di kesempatan yang sama, Pengawas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Drs. Abdul Salam, MM. mengatakan, “Saya sudah tidak asing lagi kampus ini, saya sudah lama mengenal  STIKOSA-AWS dengan lulusannya banyak tersebar bekerja di berbagai media. Semoga dengan pelatihan Jurnalistik dengan pemateri para praktisi media ini, anak-anak dapat belajar banyak menyerap ilmu dan pengetahuannya”.

Sebagai tuan rumah acara, Ketua STIKOSA-AWS Dr. Meithiana Indrasari mengaku bangga dengan kegiatan dan karya-karya mahasiswa UKM Prapala STIKOSA-AWS. Partisipasi aktif dari para alumni antar generasi ini cukup solid dan kegotongroyongannya bersama-sama mensukseskan serangkaian kegiatan Dies Natalisnya yang ke- 31. 

“Dengan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari kedepan, STIKOSA-AWS dari generasi ke generasi sangat mumpuni sebagai entrepreneur, karena mampu mengkolaborasikan banyak institusi di dalamnya serta stakeholder dari luar, dan semuanya itu berupa supporting sponsor. Ini tentu saja bukan hanya mencetak karakter mahasiswa STIKOSA-AWS dan lulusannya yang andal di masyarakat, pun juga UKM Prapala sangat mampu meng- create (mengemas secara kreatif) sebuah kegiatan yang besar dan meriah, juga  sebagai poin positif bagi akademik STIKOSA-AWS,” ujar Dr. Mei sapaan akrab Dr. Meithiana Indrasari. 

Untuk kegiatan “Seminar Media Sosial dan Jurnalistik”, menghadirkan 4 narasumber antara lain, Don Aryadien Funder Bunga Langit Production juga sebagai alumni STIKOSA-AWS, Noor Arief wartawan senior Harian DI’sway yang juga alumni STIKOSA AWS, Kokoh Yanuar CEO Burning Room Technology, dan Okky Tri Hutomo Pengamat Sosial Media dan Pakar IT.

Sedangkan kegiatan “Workshop Fotografi Jurnalistik dan Alam” dengan tema Seeing The World Through Camera Lens, menghadirkan dua narasumber wartawan senior diantaranya Don Hasman Fotografer Etnofotografi dan Eric “Ireng” Siswanto sang foto Jurnalis dan Foto Video Maker yang juga alumni STIKOSA–AWS, yang kegiatannya diselenggarakan di tempat yang sama, Jum’at (1/7/2022).

Lebih dari 100 peserta yang mengikuti serangkaian acara seminar dan pelatihan Jurnalistik tersebut datang dari siswa SMA dan SMK dengan guru pendamping masing – masing sekolah se- Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur. Sedangkan kegiatan pameran foto ratusan karya jurnalistik mahasiswa antar generasi UKM Prapala STIKOSA – AWS yang bernuansa human interest, di joglo STIKOSA AWS. (DMPR).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here