Bersih Desa Tumpak Pelem Gelar Seni Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit

0
51
Atik Sumiati Kepala Desa Tumpak Pelem didampingi Suaminya Agus Subiyantoro Bersama Penari Jathil Kesenenian Reog

Ponorogo Panjinasional.net – Bersih desa atau biasa disebut sedekah bumi  merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas nikmat yang telah diterima.

Dengan dilaksanakannya bersih desa, diharapkan desa tersebut terbebas dari segala balak atau musibah sehingga desa menjadi damai, tentram guyub rukun, aman, sejahtera dan lancar dalam menjalankan pemerintahan serta pembangunan. 

Prosesi  Bersih Desa, desa Tumpak Pelem kecamatan Sawoo dilaksanakan selama 4 hari, di mulai tanggal 12 sampai tanggal 15 mulai dari Jalan santai, kesenian Reog, kesenian Jaranan dan  Pagelaran wayang kulit.  

Kepala Desa Tumpak Pelem, Atik Sumiati ditemui dikediamannya Senin 13/06/2022, menyampaikan bahwa dengan di laksanakannya bersih desa di Desa Tumpak Pelem, sudah menjadi tradisi sejak dulu dengan menggelar, selamatan, ruwatan,gelar kesenian, dan wayang kulit beliau berharap dengan bersih desa tersebut, nantinya Desa Tumpak Pelem semakin aman, damai, tentrem totoraharjo, gemah-ripah, lohjinawi, pembangunan lancar, masyarakat makmur dan sejahtera, ” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, ” Alhamdulilah ditahun ini kami pemerintahan desa Tumpak Pelem bersama masyarakat bisa melaksanakan bersih desa, yang mana selama 2 tahun lebih kegiatan tersebut sempat tertunda akibat pandemi Covid 19, dan tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada semua lembaga pemerintahan desa, baik tokoh masyarakat dan tokoh agama,  alhamdulilah, yang mana kegiatan bersih desa ini bisa berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir, semoga membawa berkah untuk masyarakat desa Tumpak Pelem, ” harapnya.**

Laporan : Jurnalis Ujang RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here