Elektoral Bupati Bergantung Pada Kinerja TTP3?

0
62

Panjinasional.net Sumenep | Baru menjabat kurang lebih 1 Tahun 4 bulan sebagai Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H, telah melahirkan kebijakan baru yang dinilai populis.

Kebijakan Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi yang saat ini mulai dinilai populis yakni kebijakan membentuk Tim Terpadu Pengawasan dan Penertiban Perizinan Kabupaten Sumenep. Kebijakan ini disukai masyarakat karena pemimpin melakukan kebijakan yang berpihak langsung kepada masyarakat, bukan pada elit atau pemerintah.

Namun belakangan ini kebijakan populis Bupati ini terkesan tidak mendapat dukungan dari Tim Terpadu Pengawasan dan Penertiban Perizinan Kabupaten Sumenep?. Sehingga hal tersebut mulai dinilai akan berdampak terhadap elektoral Bupati. Hal ini dikatakan oleh analis politik sekaligus Jurnalis senior di Kabupaten Sumenep, Ferry Arbania. Minggu (29/5/2022).

” Secara politik Bupati Sumenep membentuk Tim Terpadu Pengawasan dan Penertiban Perizina ini sangat tepat karena ini merupakan kebijakan populis dalam arti kebijakan yang disukai masyarakat,” kata Anilis Politik Ferry Arbania, Minggu (28/5).

Namun kata dia, ketika kebijakan populis ini tidak bisa diterjemahkan dengan baik oleh pembantu Bupati yang dalam hal ini Tim Terpadu Pengawasan dan Penertiban Perizina, maka akan berdampak terhadap elektoral Bupati.

” Misalnya, Bupati mengharapkan akan menutup dan menertibkan tambak udang yang diduga bermasalah (ilegal). Tapi TPP3 bentukannya menerjemahkannya ke konsep pembinaan dan edukasi terhadap pelaku usaha tambak udang yang belum mengantongi izin, ini bahaya dari sisi elektoral Bupati,” tuturnya.

Sebab menurut dia, ketika tambak udang yang diduga bermasalah tersebut tidak ditutup dan tidak ditertibkan, publik akan menilai jika Bupati inkosisten terhadap komitmennya.

” Kalau Tim Terpadu Pengawasan dan Penertiban Perizinan Kabupaten Sumenep ini, sampai tidak melakukan penertiban dan penutupan terhadap tambak udang yang diduga ilegal tersebut, maka kepercayaan publik terhadap pejabat khususnya Bupati akan tergerus, ini bahaya dari sesi politik elektoral Bupati,” terangnya.

” Oleh karenanya TTP3 ini harus menjaga dan harus bisa menerjemahkan apa yang menjadi kometmen Bupati terkait dengan persoalan tambak udang ini. Karena ini menyangkut elektoral, diakui atau tidak elektoral Bupati saat ini mulai bergantung terhadap kinerja TTP3 ini,” ujar Pemred Maduraexpose.com.

Ia menambahkan, untuk itu, agar tidak menjadi boomerang dari sisi elektoral politik, secepatnya Bupati melakukan evaluasi terhadap Tim Terpadu Pengawasan dan Penertiban Perizinan Kabupaten Sumenep ini.,” Karena saya mengamati publik mulai kurang percaya atau mulai merasa skeptis terhadap kinerja TTP3 ini,” imbuhnya.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here