HUT ke 792, Menjadikan Surabaya Semakin Melayani

0
21
Isa Anshori
Isa Anshori

SURABAYA, www.panjinasional.net – Tekad walikota Eri Cahyadi untuk meningkatkan layanan kepada warga kota nampaknya tidak main-main.

Hal itu nampak dari perintah harian yang disampaikan saat memberi pengarahan dan evaluasi pertanggungjawaban indikator kinerja PD lingkup Pemkot Surabaya di Gedung Sawunggaling, Balai Kota, Jumat (13/5/2022).

Untuk meningkatkan layanan tersebut Cak Eri, panggilan akrab walikota Surabaya tersebut menekankan pada keberdayaan semua asset yang dimiliki Pemkot agar berdaya guna untuk kepentingan masyarakat Surabaya, utamanya kelompok MBR dan kelompok rentan lainnya.

“Apabila selama lima kali diketahui tidak sesuai dengan target kontrak kinerja, maka Kepala PD (Perangkat Daerah), camat, dan lurah yang bersangkutan dipersilakan mengundurkan dari jabatan yang diemban,” katanya.

Peringatan tegas yang dilakukan oleh Cak Eri ini sebagai upaya untuk menggerakkan semua perangkat yang berada di jajarannya, mulai dari kepala OPD, camat dan lurah untuk berjibaku melayani masyarakat.

Eri melihat masih banyak hal persoalan kota yang harus segera diselesaikan, ini tidak akan bisa dituntaskan kalau tidak ada kolaborasi dan sinergi antar semua. Tidak cukup hanya satu OPD saja, tidak cukup hanya pemerintah saja, tapi semua, pemerintah, antar OPD dan swasta harus berkolaborasi dalam melayani kebutuhan warga kota.

Apa yang disampaikan oleh Eri ini sejalan dengan visinya membangun Surabaya dan melayani warga kota, “Bergotong royong menuju kota Surabaya yang maju, humanis dan berkelanjutan”.

Cak Eri ingin melihat wajah kota Surabaya ini menjadi kota yang maju, kota yang lebih baik kualitas layanan dan kesejahteraan warga kota dibanding tahun sebelumnya.

Cak Eri juga ingin melihat wajah kota ini menjadi kota yang modern dan ramah terhadap warga kota yang tinggal dan mencari nafkah di Surabaya, Serta apa yang dilakukan itu berdampak lanjutan jangka panjang menjadikan siapapun yang tinggal di kota Surabaya dan mencari nafkah akan mendapatkan jaminan dan perlindungan.

Keseriusan Cak Eri dalam melayani warga kota, terlihat dari bagaimana dia merubah tata kerja di Pemerintah Kota, dari sesuatu uang sifatnya perintah “Top down” menjadi apa yang mau dilakukan oleh perangkat daerah untuk menjawab persoalan yang dihadapi kota Surabaya, “Bottom up”.

Tentu ini bukan hal yang mudah untuk merubah cara kerja para perangkat daerah yang ada, karena selama ini mereka lebih banyak bekerja “Top down”, tinggal menjalankan perintah. Nah sekarang para perangkat daerah itu diminta untuk berinovasi menjawab problem kota dengan kewenangannya, progam aksi apa yang akan dilakukan dan berkolaborasi dengan siapa.

Cak Eri menyadari dengan sepenuh hati bahwa beliau tidak akan bisa bekerja sendiri, maka bantuan dari jajarannya, OPD, Camat dan Lurah serta masyarakat Surabaya adalah sebuah keniscayaan. Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci.

Untuk mengawal apa yang beliau tekadkan itu, Cak Eri juga mengajak masyarakat yang saya menyebutnya sebagai tim walikota untuk percepatan pembangunan kota Surabaya. Tim ini membantu walikota untuk mengawal apa yang menjadi visi walikota dalam membangun dan melayani warga kota.

Tim ini bekerja sama dengan seluruh jajaran Cak Eri, Walikota Surabaya memunculkan aksi kolaborasi layanan kepada warga kota.

Memang ada kendala dalam perubahan culture kerja, tapi dengan semangat gotong royong, belajar bersama, berkolaborasi antar semua, saya kira pelan tapi pasti, semua kendala bisa diatasi untuk menjadikan Surabaya sebagai kota yang semakin peduli dan semakin melayani.

Apresiasi yang tinggi untuk walikota Surabaya dan jajarannya, karena hari-hari ini dalam rangka mempersolek wajah kota di HUT nya yang ke 792, tidak hanya mempercantik wajah kotanya, tapi juga berbenah untuk memberi layanan terbaik warga kotanya.

Selamat HUT ke 792 untuk kota tercinta Surabaya, Semoga menjadi kota yang semakin terbuka, kota yang ramah dan peduli kepada semua. (*)

Penulis : Isa Anshori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here