GRESIK TERIMA PENGHARGAAN KAPABILITAS APIP LEVEL 3 SE-INDONESIA

0
15
Kepala BPKP Propinsi Jatim Menyerahkan Piagam Penghargaan APIP Untuk Kabuten Gresik
Kepala BPKP Propinsi Jatim Menyerahkan Piagam Penghargaan APIP Untuk Kabuten Gresik

GRESIK, www.panjinasional.net – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh pemerintah kabupaten Gresik. Melalui Inspektorat Kabupaten Gresik selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) berhasil meraih kapabilitas APIP level 3 dan mendapatkan piagam penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Setyoadi kepada Wakil Bupati Gresik yang bertempat di ruang Graita Eka Praja kantor Bupati Gresik, Kamis (03/2/2022).

Bu Min sapaan akrab Wabup Gresik berharap, capaian kualitas APIP di dalam Inspektorat Kabupaten Gresik bisa terus ditingkatkan guna memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal Pemerintah Kabupaten Gresik.

“Jangan berpuas diri, terus tingkatkan karena semakin baik kualitas APIP dalam lembaga inspektorat mudah – mudahan diikuti juga dengan kebaikan pelaksanaa program – program dari seluruh OPD,” harap Bu Min.

Bu Min juga menyampaikan, level 3 itu bukan sekedar pemenuhan dokumen atau infrastruktur namun substansinya kepada implementasi Key Proses Area secara berkelanjutan dan berulang.

“Hingga menjadi budaya kerja dan berkomitmen mengawal tata kelola pemerintahan daerah menuju pemerintahan yang baik dan bersih,” pungkasnya.

Tak lupa Bu Min mengucapkan terima kasih kepada BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan seluruh jajaran atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Gresik.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Setyoadi menjelaskan, pengelolaan keuangan Pemkab Gresik dinyatakan telah akuntabel dan implementasi sistem pengendalian internal sudah memadai, sehingga pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik.

“Kualitas ini menunjukkan bahwa pengendalian internal yang dibangun dan peran APIP kabupaten Gresik telah mampu mendorong pencapaian indikator tata kelola pemerintahan yang optimal dan sistem pengendalian internal yang memadai,” jelasnya.

menurutnya pengawasan internal efektif apabila lingkungan pemerintahan di daerah melakukan pengendalian dengan baik.

“dengan Impelemtasi kapabilitas APIP yang optimal akan mampu mendorong peningkatan tata kelola pemerintahan, manajemen resiko dan pengendalian yang memadai serta mendorong pencapaian organisasi pemerintah daerah terutama dirasakan manfaatnya oleh masyarakat melalui pelayanan yg prima,” imbuhnya. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here