Kuasa Hukum “Ratu Batu Bara” Bantah Tuduhan, Siapa Tan Paulin

0
27
Gambar Ilustrasi

Panjinasional.net || Melalui Kuasa hukumnya “Ratu Batu Bara” membantah tuduhan tentang kliennya. Sebutan Heboh terhadap Tan Paulin mencuat viral sejak Komisi VII DPR RI dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membongkar praktik permainan penjualan batu bara tersembunyi di Kalimantan Timur (Kaltim).

Anggota DPR RI, Muhammad Nasir jyga menjelaskan bahwa, ada ‘Ratu Batu Bara’ yang seharusnya ditangkap oleh pemerintah. Karena orang tersebut melakukan penjualan batu bara keluar negeri dengan menggarap pembelian batu bara dari wilayah setempat.

Besarnya Produksi Ratu Batu Bara itu mencapai 1 juta ton per bulan. Tapi tidak ada laporan dari Kementerian ESDM kepada kita. Semua tahu dia adalah pemain batu bara dan tambangnya diambil ke mereka. Namanya Tan Paulin terkenal sekali di Kaltim dan banyak dibicarakan disana,” ujar Muhammad Nasir, Kamis (13/1/2022) lalu.

Tidak terima namanya disebut-sebut, Tan Paulin yang di tuding sebagai ‘Ratu Batu Bara’ di Kaltim ini akhirnya bersuara, melalui Kuasa Hukumnya, Tan Paulin membantah keras semua tuduhan miring, pandangan dan pendapat yang mengatakan bahwa pihaknya adalah pelaku bisnis batu bara yang melanggar aturan.

Dengan tegas Tan Paulin menyatakan perusahaannya telah menjalankan usaha perdagangan batu bara secara benar, sesuai dengan semua aturan yang digariskan pemerintah. Bahkan, ia menuding balik terhadap pihak-pihak yang memojokkan dirinya dalam RDP tersebut, telah melakukan dugaan tindak pidana pelanggaran KUHP, karena diduga dengan sengaja melakukan tuduhan dan pencemaran nama baik.

Bantahan Tan Paulin melalui kuasa hukumnya Yudistira. “Semua tuduhan miring terhadap klien kami Ibu Tan Paulin adalah tidak benar. Sama sekali tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta-fakta hukum yang benarnya,” kata Yudistira Kuasa Hukum Tan Paulin melalui pernyataan tertulisnya kepada CNBCIndonesia, Minggu (16/1/2022).

Siapa Tan Paulin yang di hebohkan itu?

Julukan Ratu Batu Bara Tan Paulin, merupakan seorang wanita yang berkecimpung di bisnis batu bara. Bukan di bidang penambang namun sebagai seorang trader. Tan Paulin adalah istri dari Irwantono Sentosa, pemilik PT Sentosa Laju Energy yang berkantor di Surabaya Jawa Timur.

Sebagaimana menurut data ESDM, PT Sentosa Laju Energy merupakan perusahaan di sektor Batu Bara dengan operasi angkut-jual. dan Ijinnya pun akan berakhir pada 31Juli 2023.

Tan Paulin, namanya pernah ramai diberitakan pada tahun 2016 silam. Perlu diketahui bahwa Tan Paulin menjabat sebagai Direktur Utama PT Sentosa Laju Energi.

Sedangkan, adik kandungnya Deni Irianto pun menduduki posisi Direktur perusahaan milik suami Tan Paulin itu. Dari sini merupakan gambaran bahwa perusahaan PT Sentosa Laju Energi merupakan bisnis keluarga.

Selanjutnya tidak banyak diketahui cerita terkait kehidupan pribadi dan sepak terjang bisnis keluarganya.meskipun sudah sempat ramai adanya pemberitaan terkait Tan Paulin beberapa tahun lalu.@

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here