FKKG Jateng Gelar He For She untuk Menekan Kekerasan terhadap Perempuan

0
27
Aktivis perempuan, Tsaniyatus Solikhah, akrab dipanggil Ika.

Panjinasional.net. Semarang || Forum Kesetaraan dan Keadilan Gender  (FKKG) Provinsi Jawa Tengah mulai hari ini Kamis 25 November hingga 10 Desember 2021 mengadakan kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan tema He For She – Jateng. Kegiatan itu sebagai upaya untuk menghapus segala bentuk kekerasan di Jawa Tengah khususnya untuk perempuan dan anak dengan menjadi laki-laki peduli, menghargai, melindungi dan mencintai.

Ketua FKKG Jateng Tsaniyatus Solikah menjelaskan “He For She” adalah gerakan yang dicetuskan oleh UN Women – PBB sejak September 2014. Indonesia merupakan salah satu duta kampanye Global He For She yang bertujuan untuk meningkatkan peran laki-laki dalam kesetaraan gender dan mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

“Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyambutnya sebagai  gerakan  memposisikan pria agar lebih peduli terhadap kesetaraan gender,” kata perempuan yang akrab dipanggil Ika kepada wartawan di Semarang.

Kebijakan dan program di Jawa Tengah, lanjutnya, telah diluncurkan untuk merespon hal tersebut. Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2017  ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Duta He For She. Namun gerakan ini tidak masif di masyarakat. Edukasi untuk kesetaraan gender dan mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak lebih banyak ditujukan untuk perempuan.  Partisipasi laki-laki dalam  mendukung kesetaraan gender masih sangat lemah. Kasus kekerasan oleh laki-laki masih tinggi. Tahun 2020 di Jateng ada 2.110 kasus. Pelaku kekerasan  didominasi laki-laki. 

Ika menambahkan situasi tersebut menjadi dasar FKKG Jateng kembali mengangkat isu itu sebagai tema dalam Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan tahun 2021 dengan menggandeng  Dinas Perempuan dan Anak, Yayasan Anantaka, Fatayat, WHDI, dunia usaha, media, dan seluruh stakeholder di Jawa Tengah untuk bersama-sama mengkampanyekan isu tersebut. “Kami berharap kampanye ini bisa meningkatkan partisipasi laki-laki dalam kesetaran gender dan menghapus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” tegasnya. 

Dijelaskan, rangkaian kegiatan sudah mulai dilaksanakan sejak awal November 2021 melalui sosialisasi di berbagai media baik media TV, Radio, IG Live dan Seminar yang mengundang OPD dari 35 Kabupaten Kota. Sosialisasi ini ditujukan khusus kepada laki-laki. Selain sosialisasi FKKG juga membuat Iklan Layanan Masyakat yang di putar di radio se-Jawa Tengah termasuk di beberapa perusahaan seperti PT Mamagreen, PT SAMA, PT Kimia Farma, Trans Studio Mini Banyumanik dan beberapa perusahaan lain. 

Diharapkan dengan makin banyaknya isu ini dikumandangkan akan menjadi perhatian dan memulai gerakan dalam pelibatan laki-laki. Khusus untuk laki-laki, FKKG juga membuat acara yang disebut “Aksi Laki-laki Peduli”. “Ini adalah kompetisi khusus laki-laki untuk berpartisipasi dalam kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan cara upload foto terbaik yang menunjukan kepedulian terhadap perempuan dan anak. 3 foto terbaik akan mendapatkan hadiah menarik dari FKKG Prov Jateng,” jelasnya. (Mim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here