Diskominfo Kota Batu Gelar Festival TV Desa tahun 2021

0
50

Panjinasional.net Kota Batu || TV Desa merupakan program siar Desa dan Kelurahan yang tumbuh dari Kelompok Informasi Masyarakat yang mengusung konsep Media Komunitas Desa dan Kelurahan. TV Desa menjadi salah satu wujud dari kegiatan pemberdayaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di desa/kelurahan yang ada di Kota Batu.

Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu menggelar Festival TV Desa tahun 2021. Festival TV Desa menjadi sebuah event yang mengetengahkan perkembangan dan pemberdayaan komunitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berbasis di Desa maupun Kelurahan. Dinamika Informasi yang terus bergulir dan berkembang memunculkan visi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu bekerja sama dengan Jaringan Kelompok Informasi Masyarakat yang tersebar di seluruh Desa dan Kelurahan di Kota Batu mewujudkan embrio TV Desa sebagai sebuah media dari netizen dalam mendukung perkembangan dan penyebarluasan/Diseminasi informasi maupun kebutuhan media dua arah dari masyarakat desa ke khalayak luas.

Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto menjelaskan, Festival ini tidak hanya sebagai bentuk Apresiasi kepada pelaku dan pegiat TV Desa atas perkembangan selama satu tahun ini, namun juga sebagai wadah bagi KIM atau masyarakat umum untuk mengekplorasi potensi yang ada di Desa atau Kelurahan melalui karya Film Pendek Desa.

“TV Desa ini memang menggunakan youtube untuk melakukan siarannya, menurut kami ini ide yang bagus, dimana kegiatan masyarakat desa dan Pemerintah Kota dalam dipublikasikan melalui kanal youtube” katanya.

Pelaksanaan ini sempat mengalami penundaan karena adanya bencana Banjir Bandang Kota Batu pada 4 November 2021 lalu.

“Festival ini sempat mengalami penundaan, karena H-2 acara terjadi bencana banjir bandang, penundaan ini dilakukan karena semua elemen masyarakat sedang fokus pada penanganan bencana” imbunya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Batu, Andri Wijaya mengatakan Festival TV desa menjadi salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kota Batu ke 20. Tema yang diangkat dalam festival ini yakni : The Story Of Village : Tribute for Village.

“Festival ini merupakan salah satu rangkaian HUT Kota Batu ke 20. Nantinya kegiatan akan digelar selama dua hari yakni tanggal 23-24 Nopember 2021 di GOR Gajah Mada Kota Batu” katanya.

Ia menjelaskan bahwa ada tiga agenda utama dalam kegiatan ini, diantaranya Launching TV Desa, Awarding TV Desa dan Kompetisi Film Pendek Desa Level Nasional. Untuk Lomba Film Pendek akan dibagi menjadi tiga kategori, yakni Kategori UMUM, KIM dan Kategori SMA/SMK level Nasional.

“Film pendek yang telah dikirim nantinya akan diseleksi oleh juri dan diupload di youtube oleh panitia. Nantinya akan dipilih tiga pemenang terbaik, satu film terbaik pilihan Jurnalis dan tiga film terbaik pilihan juri” imbuhnya.

Sedangkan untuk TV Desa Award, Andri menerangkan akan ada enam kategori yakni : TV Desa Terbaik, Acara/Program Terbaik, Presenter Terbaik, Best Support Desa Terbaik, TV Desa terproduktif dalam membuat Konten, Booth TV Desa Favorit, yang masing-masing akan dipilih juara I, II dan III.

Dengan adanya penghargaan yang diberikan, harapannya TV Desa dapat menjadi media untuk menyampaikan berbagai potensi dan berbagai hal positif yang ada di Desa dan Kelurahan, serta dapat mengembangkan ide, gagasan dan kemampuan dalam melakukan penyiaran secara digital.

“TV Desa saat ini memanfaatkan Channel Youtube untuk mengekplore desa-desa dan kelurahan yang ada di Kota Batu. Saat ini, sudah ada 19 Desa dan 5 Kelurahan di Kota Batu dan rencana akan dilaunching pada Puncak Festival TV Desa” pungkasnya. (Er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here