Wabup Gresik Turut Himbau Pedagang Bawean Agar Tidak Berjualan Rokok Tanpa Pita Cukai

0
10
Wakil Bupati Gresik, Turut sosialisasi Rokok Ilegal di Bawean

GRESIK, www.panjinasional.net – Kabupaten Gresik memiliki wilayah  Kepulauan Bawean yang terdapat dua kecamatan yaitu kecamatan Sangkapura dan kecamatan Tambak. Yang sangat rawan menjadi sasaran pasar rokok tanpa cukai atau rokok ilegal.

Untuk mempersempit ruang gerak pemasaran rokok ilegal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bersama Bea Cukai terus menekan penggunaan rokok ilegal tanpa cukai. Salah satunya melalui sosialisasi tentang ketentuan di bidang cukai. Kamis, (18/11/2021)

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, peredaran rokok tanpa cukai merupakan hal yang bisa merugikan negara.  sosialisasi tentang ketentuan cukai terus digencarkan kepada masyarakat. Khususnya, peredaran rokok tanpa pita cukai.

“Kalau kita menjual rokok tanpa cukai, negara akan dirugikan,maka masyarakat harus mengetahui jenis rokok yang boleh dijual maupun yang dilarang. Sebab, hasil keuntungan cukai nantinya kembali ke masyarakat. ” ujar wakil bupati perempuan pertama di Gresik tersebut.

Sementara Pejabat Fungsional Kantor Bea Cukai Gresik, Faisal Andy menjelaskan, ada beberapa produk yang masuk ke Indonesia harus dilekati pita cukai. Seperti minuman beralkohol, juga produk rokok. Yang sering masuk ke Indonesia adalah jenis rokok polos. Rokok tanpa campuran cengkeh.

“Pita cukai hanya digunakan sekali. Tidak boleh dipakai berkali-kali,” ungkap Faisal saat memberikan materi di Kantor Kecamatan Sangkapura.

Dikatakan, jenis-jenis rokok yang dilarang adalah, rokok polos, rokok pita cukai palsu, rokok pita cukai bekas, rokok menggunakan pita cukai yang bukan haknya dan rokok menggunakan pita cukai tidak sesuai dengan jenis dan golongannya.

“Sesuai dengan aturannya, ancaman hukuman bervariasi. Minimal 1 tahun dan diatas 5 tahun penjara. Penjual, pengedar dan pembeli bisa dikenakan juga,” imbuhnya.

Sosialisasi yang berlangsung di Kantor Kecamatan Sangkapura, melibatkan puluhan pedagang toko kelontong dan tokoh masyarakat. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here