Potong Pohon Randu. Pihak Proyek Ganti 1 Pohon Randu Dengan 20 Pohon Pule

0
17
Arvan Affandi saat menanam pohon pengganti.

Panjinasional.net kota Batu ; Kurangnya koordinasi akhirnya pemotongan pohon randu yang berada di tepi jalan Raya Oro-oro Ombo kecamatan Batu kota Batu menjadi polemik di masyarakat.

Dijelaskan oleh Arvan Affandi selaku pengawas proyek bahwa untuk pohon pengganti pohon randu yang ditebang sudah disiapkan oleh pihak proyek. Kamis ( 11/11/2021 ).

” Sebenarnya kami sudah menyiapkan pohon pengganti sejumlah 20 pohon, namun untuk lokasinya penanamannya kami menunggu intruksi dari pihak desa Oro-oro Ombo.

Untuk pohon pengganti kami siapkan pohon pule dengan tinggi 2,10 meter hingga 2,30 meter. Kami sediakan pohon pule ini sesuai dengan permintaan pihak desa dan memang pohon pule ini memang bagus untuk penghijauan karena selain memiliki akar yang kuat, kulitnya juga bisa untuk obat “, jelasnya.

Untuk pohon pengganti tersebut di tanam di area seputar pohon randu yang di tebang. ” Dua pohon kami tanam di tepi jalan depan proyek dan empat pohon kami tanam di dalam area proyek. Untuk lokasi penanaman 16 pohon kami masih menunggu intruksi dari pihak desa Oro-oro Ombo “, imbuhnya.

Selain meminta maaf kepada semua pihak, affan juga meminta maaf atas keterlambatan penanaman pohon pengganti tersebut. ” Saya pribadi dan atas nama proyek mengucapkan beribu-ribu maaf apabila ada kata-kata saya kemarin salah atau tidak berkenan “, tegasnya.

Kepala Desa Oro-Oro Ombo, Wiweko saat di temui di kantornya juga  menyampaikan, bahwa atas nama Pemerintah Desa menghimbau untuk tanaman pohon pengganti agar segera ditanam, tentunya pohon pengganti harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Batu.

” Saat ini, sudah memasuki musim penghujan, untuk itu kami menghimbau untuk pohon pengganti harus segera ditanam sehingga bisa tumbuh dengan baik. Kami berharap mudah-mudahan dalam 1 tahun ini bisa besar pohonnya,” ujar kepala desa. 

Karena pohon yang di tebang lokasinya berada di wilayah desa Oro-oro Ombo, maka untuk lokasi penanaman pohon pihak desa juga ikut memberi masukan. ” Kami sengaja meminta pohon pengganti jenis pohon pule, karena pohon pule terbilang pohon besar, akarnya sangat kuat dan kulit pohon ini bisa dimanfaatkan sebagai obat.” imbuhnya.

Disinggung terkait ijin pemotongan pohon, Wiweko menjelaskan bahwa pihak desa tidak memiliki kewenangan untuk memberikan ijin pemotongan pohon. ” Untuk proses penebangan pohon baik perseorangan maupun PT, mekanisme biasanya harus mengajukan surat pengajuan izin terlebih dahulu.

Namun, berkaitan dengan rekomendasi boleh tidaknya pohon tersebut ditebang harus mendapatkan ijin dari pihak dinas dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemerintah Kota Batu “, jelasnya. (E507)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here