SIAP JAWAB TANTANGAN ZAMAN, KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA GRESIK ADAKAN PITARAN PELATIH PEMBINA PRAMUKA.

0
5

GRESIK, www.panjinasional.net – Roda zaman yang terus melaju seiring waktu tentunya melahirkan tantangan-tantangan baru. Tantangan inilah yang harus dijawab oleh semua elemen anak bangsa, termasuk diantaranya adalah gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka merupakan satu harapan pemerintah Indonesia untuk membangun anak-anak indonesia, agar menjadi generasi pejuang yang tanpa pamrih dan mampu menjawab tantangan perkembangan zaman.

Keberhasilan proses pembinaan Kepramukaan tidak hanya ditentukan oleh Para pembina yang secara langsung berinteraksi dengan anak didik, tetapi juga tidak terlepas dari peran serta dan kualitas para Pelatih Pembina Pramuka. Oleh karenanya, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik mengadakan kegiatan Pitaran Pelatih Pembina Pramuka yang diadakan di Trawas, mulai hari Rabu (20/10).

Kegiatan ini dilaksanakan guna menjaga semangat para pelatih agar tetap penuh kreatifitas, inovatif dan berkomitmen tinggi, serta mendorong agar terus mengembangkan diri.

Kegiatan Pitaran Pelatih Pembina Pramuka ini diikuti pelatih pembina Pramuka dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik.

“Pelatih yang hadir dalam kegiatan Pitaran Pelatih Pusdiklatcab Ujunggaluh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik sebanyak 36 orang, dengan pelatih yang paling senior adalah Kak Nurhamid yang berusia 81 tahun, sedangkan yang termuda adalah Kak Aulia yang berusia 27 tahun,” ujar Abdul Falik selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Kwarcab Gresik.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam Kegiatan Pitaran ini adalah penyampaian materi dengan menerapkan metode kepramukaan, diskusi dan tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan sarasehan bedah buku keputusan Kwartir Nasional nomer 047 tahun 2018.

Wakil Bupati Gresik, Hj. Aminatun Habibah yang juga merupakan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik hadir secara langsung untuk membuka kegiatan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pitaran Pelatih Pembina Gerakan Pramuka. Diharapkan lewat kegiatan ini akan muncul gagasan-gagasan yang cemerlang untuk membangun Pramuka yang ada di Kabupaten Gresik.

Menurut Wabup, kakak-kakak Pelatih memiliki peran yang sentral, diantaranya mempunyai peran untuk membentuk generasi penerus yang berdaya juang tinggi, serta membentuk pola pikir dan pola laku generasi muda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karenanya harapan saya sangat besar sekali, lewat kegiatan ini nantinya akan dihasilkan pelatih yang handal, berkualitas dalam pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan yang mana ini dibutuhkan oleh Adik-adik untuk mereka menjadi generasi penerus bangsa,” tutup Wabup. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here