Pemdes Candi Mulyo Berkolaborasi Dengan Kodim 0803 Madiun Gelar Vaksinasi Gratis

0
19

Panjinasional.Madiun – Pemerintah Pusat bekerja sama dengan institusi TNI-Polri berupaya keras mewujudkan Indonesia segera bebas dari pandemi covid19.Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah dengan melaksanakan program pemberian vaksin gratis secara massal yang dibagi dalam beberapa tahap. Adapun tujuan diadakannya kegiatan program pemberian vaksinasi gratis ini adalah untuk meningkatkan kualitas imunitas tubuh supaya tubuh menjadi sehat dan tidak mudah tertular virus Corona.
Dalam kesempatan pelaksanaan program vaksinasi gratis ini, pemerintah yang ada di daerah menggandeng unsur 3 pilar antara unsur Dinkes,TNI dan Polri untuk mempercepat pelaksanaan program vaksinasi gratis secara merata ke masyarakat. Upaya pelaksanaan program vaksinasi gratis dan penerapan PPKM dengan menaati peraturan Protokol Kesehatan secara ketat diharapkan dapat menekan laju penyebaran virus Corona.

Di Pemerintahan Candi Mulyo,Kec.Dolopo, Kab.Madiun saat ini telah dilaksanakan program pemberian vaksinasi gratis ke masyarakat dengan bekerja sama dengan pihak Kodim 0803 Madiun. Menurut keterangan pemerintahan desa yang dinahkodai oleh Kades Elya Widi Astuti,SE bahwa pelaksanaan program vaksinasi gratis ini dilaksanakan oleh pihak Kodim 0803 Madiun.Dan pemberian Vaksinasi gratis di tahap pertama ini diberikan dosis jenis vaksin Sinovac.
Dari jumlah penduduk yang ada sekitar 5800 jiwa akan mendapatkan program vaksinasi gratis secara bertahap. Program vaksinasi gratis yang biasanya dilakukan oleh Nakes pemerintah dari pihak Dinkes Kabupaten Madiun, untuk saat ini dilaksanakan oleh pihak Kodim 0803 sebagai bentuk kepedulian dan dukungan TNI terhadap pelaksanaan program pemerintah pusat ke daerah.

Menurut keterangan Sekdes Rizal bahwa masyarakat cukup besar kepedulian dalam memperhatikan kesehatan nya.Terlihat sejak pagi, masyarakat desa antusias mengikuti antrian panjang menunggu giliran mendapatkan program vaksinasi gratis ini.Untuk program vaksinasi tahap pertama ini ada sekitar 400 orang yang akan mendapatkan vaksin.”Untuk kegiatan pemberian vaksin gratis tahap pertama ini menggunakan dosis jenis vaksin Sinovac.Ada sekitar 400 orang yang akan mendapatkan vaksin gratis tahap pertama ini.

Untuk program pemberian vaksinasi gratis yang biasanya dilakukan oleh pihak UPT Puskesmas Bangunsari, untuk saat ini akan dilakukan oleh pihak Kodim 0803 Madiun,” terang Sekdes Rizal.(6/10/2021).Masyarakat yang akan mendapatkan program vaksinasi gratis ini akan mendapatkan surat undangan untuk menghadiri kegiatan program pemberian vaksinasi gratis ini di Kantor Desa.Dengan membawa surat undangan ini, masyarakat diminta untuk mengumpulkan data untuk diverifikasi lagi ke bagian petugas dan harus antri mengikuti program Protokol Kesehatan secara ketat.Setelah mengumpulkan data/surat undangan maka masyarakat akan dipanggil petugas kesehatan untuk mendapatkan giliran vaksinasi gratis.

Pemerintah Desa berharap dengan dilaksanakan program pemberian vaksinasi gratis ini, wilayah Desanya segera terbebas dari penyebaran pandemi virus covid19 karena masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi untuk meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus Corona.Bilamana pandemi covid19 sudah berakhir maka diharapkan roda perekonomian desa dapat berjalan normal kembali.Sehingga semua aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar dalam upaya memulihkan kondisi ekonomi yang sudah terpuruk akibat pandemi covid19 ini.(Warti).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here