Dirut Perhutani Lakukan Kunker ke Wilayah Nganjuk dan Ngawi Jawa Timur

0
20

Surabaya, Panjinasional.net – Direktur Utama Perhutani, Wahyu Kuncoro pada Rabu dan Kamis (29-30/9/2021), melakukan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah Nganjuk dan Ngawi Jawa Timur.

Wahyu menerangkan bahwa Perhutani selain hasil kayu, melalui program agroforestry tebu mandiri dan agroforestry porang mandiri bisa mengoptimalkan produktivitas lahan hutan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

“Kami akan kawal langsung program agroforestry tebu dan porang mandiri ini. Memang dulu kami dilarang menanam tebu, tapi sekarang kran dibuka pemerintah dalam rangka mendukung ketahanan pangan untuk mencukupi kebutuhan gula nasional,” kata Wahyu.

Wahyu juga menerangkan di wilayah Jawa Timur, dengan mengembangkan tanaman porang di kawasan Perhutani Nganjuk dan Saradan, perlu di support dan kembangkan agar tercipta menjadi KPH mandiri.

“Kita akan meningkatkan produktifitas lahan hutan dengan mengupayakan nilai keekonomian lahan dengan menanam tebu. Dengan mengidentifikasi kearifan lokal, setiap KPH yang bisa dikembangkan dengan tanaman yang dapat di panen dalam jangka pendek, sehingga ke depan tidak bertumpu pada kayu yang membutuhkan puluhan tahun untuk dipanen,” terangnya.

Kesempatan berbeda, Kepala Perhutani Divisi Regional (Divre Jawa Timur) Karuniawan Purwanto Sanjaya menerangkan Perhutani mengawal serius program agroforestry tebu dan porang mandiri di Jawa Timur, agar program itu bisa sukses, sebab program tersebut juga dimonitor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Dalam program perhutanan sosial diperlukan sinergi semua jajaran. Program agroforestry tebu mandiri di Jawa Timur, ditanam di wilayah hutan Perhutani KPH Jombang dan KPH Ngawi, sedangkan untuk tanaman agroforestry porang mandiri ada di KPH Nganjuk dan KPH Ngawi,” ungkap Karuniawan. Kamis (30/9/2021). @tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here