Lahirnya Perbup 38 Tahun 2021 Tentang Pola Promosi dan Mutasi, Seiring Dengan SI MEKAR

0
45
Kepala Bidang Promosi dan Mutasi, DR. Mohammad Suharjono, S.H., M.H.

Sumenep, Panjinasional.net – Bupati Sumenep telah menerbitkan Peraturan Bupati Sumenep (Perbup) Nomor 38 Tahun 2021 Tentang Pola Promosi dan Mutasi Pengawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Penerbitan Peraturan Bupati ini seiring dengan dibangunnya Aplikasi SI MEKAR yang di cetuskan oleh Badan Kepengawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep melalui Bidang Promosi dan Mutasi.

” Seiring dengan lahirnya Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2021 Tentang Promosi dan Mutasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, kami sedang membangun Aplikasi yang bernama sistem informasi Manajemen karir PNS yang kami sebut dengan SI MEKAR,” kata Kepala Bidang Promosi dan Mutasi, DR. Mohammad Suharjono, S.H., M.H., saat ditemui di Kantornya, Selasa (28/9/2021).

Nah SI MEKAR itu menurut dia menggambarkan pola karir dari masing – masing PNS yang ada di Kabupaten Sumenep. Dimana pola karir PNS ini mulai dari profil PNS seperti apa, kemudian sejak diangkat menjadi PNS kualifikasi pendidikannya seperti apa, kemudian rekam jejaknya seperti apa, kemudian pernakah dia mendapat sanksi tau tidak mendapatkan sanksi, kemudian Diklat yang pernah diikuti apa, kemudian jabatan – jabatan diluar pemerintahan yang pernah diikuti organisasi apa, menjabat sebagai apa, kemudian sampai pada Talent Pool nya. Talent Pool itu seperti apa menggambarkan apa tentang orang itu, bagaimana hasil rekomendasi dari Talent Pool. 

” Nah itulah yang dimaksud mudah di akses.  Artinya, disitu kami juga mempunyai satu peta jabatan didalam aplikasi tersebut, dan ini bisa untuk informasi tertentu, tentang data personalnya PNS yang bersangkutan, itu bisa dilihat dari aplikasi ini. Jadi seseorang PNS itu bisa mengingat rencana jabatan yang akan dia diduduki nanti kapan,” terangnya.

Dikatakan Suharjono, jadi setiap PNS itu tahu, dulu itu tidak ada seperti ini, saat ini sudah kami bangun dalam tahap penyempurnaan. Jadi sekali lagi misalnya si A saat ini menduduki sebagai Kepala Seksi apa, rencana Jabatan apa, jika yang bersangkutan sudah memiliki Talent Pool.

” Jadi sudah dapat dilihat minimal dari kualifikasi pendidikannya, disitulah artinya. Jadi misalnya nanti ada jabatan kosong, siapa kandidatnya nah itu bisa dilihat oleh pimpinan, kalau itu tidak semua orang, jadi ada beberapa hal bisa diketahui oleh publik dalam arti PNS dan oleh Pimpinan, sehingga dari dasar itulah kemudian dilakukan penyesuaian dimana seseorang itu akan di tempatkan,” urainya.

Ia menambahkan bahwa, sudah banyak pejabat eselon III dan eselon IV (pengawas) yang sudah di ikutkan Talent Pool.

” Kita sudah menuju ke sistim merit. Karena apa, sistem manajemen karir yang kami bangun itu adalah bagian dari pada menuju sistem merit itu, jadi rencana – rencana kita kedepan seperti itu,” tandasnya.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here