19 Kades Kota Batu Sepakat Sisihkan Separuh Gajinya Untuk Bantu Warga Terdampak Ekonomi

0
16

Panjinasional, Kota Batu : Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kota Batu yang terdampak ekonomi akibat pandemi covid-19 dan belum sama sekali mendapatkan bantuan, 19 kepala desa se-kota Batu yang tergabung di dalam Asosiasi Pemerintah Desa dan Lurah ( APEL ) kota Batu sepakat menyisihkan separuh dari gajinya untuk di bagikan kepada masyarakat kota Batu yang terdapak tersebut.

Pemberian bantuan tersebut di serahkan kepada pihak desa masing-masing untuk di salurkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima maupun di berikan secara langsung oleh APEL saat roadshow keliling desa. 

Seperti saat pemberian bantuan di desa Tulungrejo kecamatan Batu kota Batu, seluruh kepala desa ikut secara langsung membagikan bantuan tersebut. Kamis ( 16/9/2021 ).

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa dan Lurah ( APEL ) Kota Batu Wiweko menyampaikan bahwa berbagai macam bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah kota maupun pemerintah desa memang sudah banyak di berikan kepada masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi covid-19, namun dalam pelaksanaannya masih ada sebagian warga yang belum tersentuh bantuan tersebut.

Dengan adanya warga yang belum mendapatkan bantuan tersebut kami berinisiatif menyisihkan separuh gaji kami untuk di berikan kepada masyarakat yang belum mendapat bantuan. 

” Pemberian bantuan kali ini merupakan inisiatif dari temen-temen APEL sendiri, untuk anggaranya berasal dari kepala desa dengan memberikan separuh gajinya.

Pada hari ini, merupakan pembagikan bantuan hari kedua sekaligus yang terakhir, setelah sebelumnya di kantor Desa Tlekung.

Selanjutnya kami akan menuju ke Desa Sumberbrantas dan ke beberapa desa-desa lainnya “. jelasnya.

Di jelaskan pula oleh Wiweko yang juga Kades Oro-Oro Ombo bahwa terkait gaji kepala desa dipotong sebesar 50 persen, kemudian di donasikan kepada warga masyarakat Kota Batu yang terdampak. 

” Selain dari separuh gaji kepala desa, bantuan juga berasal dari perangkat desa, nominalnya bervariasi ada yang menyisihkan gajinya sebesar 150 ribu, Rp 250 ribu, Rp 400 ribu hingga ada yang Rp 500 ribu.

Hasil dari pantungan tersebut akan di bagikan kepada sekitar 700 sampai dengan 800 penerima, dan setiap penerima mendapatkan bantuan uang senilai 150 ribu “. ucapnya.

Disampaikan pula oleh Wakil Ketua APEL Kota Batu, Andi Faisal Hasan bahwa warga masyarakat penerima bantuan sosial tersebut lebih diutamakan bagi yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

” Hari ini kami memberikan bantuan sosial lagi kepada warga masyarakat yang terdampak ekonomi, bantuan yang kami berikan berupa uang tunai.

Bantuan selain di serahkan kepada desa masing-masing untuk di salurkan kepada warga yang berhak menerima, bantuan tersebut juga kami berikan secara langsung kepada warga yang benar-benar terdampak seperti kami berikan langsung kepada tukang tambal ban, tukang parkir, kuli bangunan dan tukang ojek pangkalan “. jelasnya. 

Andi Faezal Hasan menyadari bahwa tidak dapat dipungkiri memang dalam disituasi pandemi covid-19 saat ini masih banyak masyarakat yang juga kehilangan mata pencaharian yang tentunya juga berkurangnya pendapatannya. 

” Semoga bantuan yang tidak seberapa ini, dapat mengurangi beban perekonomian bagi warga masyarakat Kota Batu yang memang membutuhkan. Namun setidaknya, niat baik kami dan bentuk kepedulian yang kami lakukan ini ikhlas untuk membantu sesama. Jadi, jangan dilihat besar kecil nominalnya “. imbuhnya.

Kepala Desa Tulungrejo, Suliono berharap, agar bantuan tersebut ke depan dapat terus berkelanjutan dan terus dilakukan. 

” Saya pastinya selalu mendukung apa yang dilakukan rekan-rekan APEL, dan saya berharap, bantuan itu nantinya dapat terus berkelanjutan “. harapnya. ( Er ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here