Ditengah Pandemi, PN Gresik Tetap Berinovasi

0
17

Peluncuran Anjungan Mandiri Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) itu, diresmikan langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Herri Swantoro, SH., MH.,

Gresik, Panjiansional – Wabah virus corona masih saja belum berakhir ini tidak menjadi sebuah alasan dan halangan bagi Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Kelas 1A untuk berhenti berinovasi, dan patah semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur, dan terjangkau. Berkat kepemimpinan Hj.Wiwin Arodawanti SH.,MH selaku ketua Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik, membuat terobosan baru yaitu  Anjungan Pelayanan Mandiri (APM), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang terintegrasi secara “online” atau dalam jaringan (daring).

Peluncuran Anjungan Mandiri Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) itu, diresmikan langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Herri Swantoro, SH., MH., didampingi wakil Bupati Gresik Hj.Aminatun Habibah juga Ketua Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Hj.Wiwin Arodawanti SH., MH, para pejabat struktural, fungsional serta karyawan karyawati warga Pengadilan Negeri Gresik. Senin 13 September 2021 dihalaman Pengadilan Negeri Gresik.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Hj.Wiwin Arodawanti menyampaikan, terimakasih atas kehadirannya dan bisa meresmikan Anjungan Mandiri PTSP tersebut,kendati masih dalam situasi Pendemi Covid-19 namun suatu kehormatan bagi keluarga besar pengadilan negeri Gresik atas kehadirannya.

“Terimakasih atas ilmu, petunjuk, bimbingan dan pencerahannya pada kami selama ini. Mudah-mudahan ilmu yang diberikan menjadi inspirasi pada kami,” ujarnya dalam sambutannya.

Senada hal itu disampaikan juga oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Herri Swantoro SH.MH mengapresiasi terhadap pemerintah daerah kabupaten Gresik yang sangat pesat pembangunannya,Terutama gedung pengadilan yang sangat rapi dan bersih, Tentunya warga masyarakat Gresik yang mencari keadilan sangat mudah dan optimal didukung gedung yang begitu nyaman.

“Kita bagian dari mahkamah agung harus berkomitmen untuk melaksanakan penegakan hukum secara transparansi dan akuntabilitas. Sehingga dengan adanya integritas yang dimotori oleh MenPAN menjadi kita semua berupaya untuk menguatkan sistem BBK, sehingga masyarakat yang mencari keadilan yang kita layani benar-benar memberikan kepercayaan penuh pada kita,” ujar ketua pengadilan tinggi Surabaya ini.

Herri juga menambahkan kebanggan terhadap gedung pengadilan yang begitu tertata,tidak seperti beberapa tahun yang lalu saat dirinya berkunjung yang kumuh dan agak kotor,namun saat ini dia sangat bangga terhadap kepemimpinan Ketua Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Hj.Wiwin Arodawanti dan wakil ketua Ida Ayu Adriyanthi Astuti Widja yang begitu kompak.

“Saya bangga terhadap Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik. Sebab satu-satunya pengadilan yang bisa mereplikasi Anjungan Mandiri PTSP seratus persen hanya Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik. Sebab tekhnologinya sangat bagus,” tegasnya.

Usai menggunting pinta didepan gedung Anjungan Mandiri PTSP saat peresmian Herri pun langsung masuk dan menunjukkan bagaimana tata cara untuk mendapatkan layanan yang ada,tak lupa dia pun menunjukan layanan yang bernama Siwas (system’ pengawasan).

” Tolong ini dipublikasikan ya,ini adalah Siwas, ( system pengawasan) jadi kalau ada yang tidak puas tinggal masuk ke pelayanan ini langsung masuk ke kita,layanan ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat,dan selama ini system’ pengawasan ini bisa kita pantau langsung melalui handphone,jadi suara gerakan apapun kita mengetahui nya ” jelasnya lagi panjang lebar.

“Di Jati ini  PN Gresik menjadi Pengadilan Negeri yang kedua setelah PN Kota Malang yang sudah melaunching anjungan PTSP mandiri,Semua layanan seperti informasi, kepaniteraan pidana, kepaniteraan perdata, kepaniteraan hukum serta kepaniteraan PHI menjadi satu di ruangan anjungan ini,” pungkasnya.

Humas PN Gresik M Fatkhur Rohman menambahkan, anjungan PTSP Mandiri merupakan bentuk Inovasi yang pertama kali di launching oleh Pengadilan Tinggi Surabaya,.@Ernie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here