Dinas PU PRKP dan Cipta Karya Sumenep, Lakukan Monitoring Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

0
57

Sumenep, Panjinasional.net – Dalam rangka melaksanakan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan kewenangan dalam hal pengawasan tertib usaha, tertib penyelenggaraan, dan tertib pemanfaatan Jasa Konstruksi tersebut mulai melaksanakan kegiatan monitoring pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada proyek-proyek dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Didalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi tersebut menyebutkan bahwa Kewenangan Pemerintah Daerah kabupaten/kota pada sub-urusan Jasa Konstruksi meliputi: Penyelenggaran Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi, Penyelenggaraan Sistem Informasi Jasa Konstruksi cakupan daerah Kabupaten/kota, Penerbitan Perizinan Berusaha Bidang Jasa Konstruksi nasional Kualifikasi kecil, menengah, dan besar,  dan Pengawasan tertib usaha, tertib penyelenggaraan, dan tertib pemanfaatan Jasa Konstruksi, kewenangan tersebut dilaksanakan sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep Ir. Mohammad Jakfar, MM  melalui Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Lingkungan Hery Kushendrawan, ST. MT mengatakan bahwa pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep melakukan pembinaan jasa konstruksi melalui kegiatan monitoring dan sosialisi lapangan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada proyek-proyek dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai pelaksanaan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksri.

“Tim Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep dalam rangka pembinaan jasa konstruksi sudah mulai turun lapangan ke proyek-proyek dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk melakukan sosialisasi dan monitoring pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja” ujar hery.

Pantauan dilapangan, pada hari kamis tanggal 9 September 2021 Tim Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep melakukan sosialisasi dan monitoring pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada pekerjaan Rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) Kebonagung Dinas PU. Sumber Daya Air Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Kegiatan Sosialisasi dan monitoring ini diharapkan sebagai sarana pembinaan pemerintah daerah kepada para stakeholder di bidang jasa konstruksi untuk lebih memperhatikan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan proyek untuk menghasilkan kualitas infrastruktur yang baik, baik dari sisi hasil maupun dari sisi pelaksanaan atau proses.

“Tahun ini harapannya seluruh pelaksanaan pekerjaan konstruksi dilingkungan Pemerintah Kabupaten sumenep tidak terjadi kecelakaan kerja” ujar hery menutup pembicaraan.

Menambahkan, Keberhasilan menciptakan zero accident pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi merupakan tanggungjawab bersama dari seluruh stakeholder jasa konstruksi.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here