Program PISEW Desa Ngadisanan Dan Desa Maguwan Buka Akses Jalan Penghubung Antar Desa

0
16
Suparni Kepala Desa Ngadisanan Survei Pembangunan Jembatan Koko, Jembatan Yang Dibangun Dari Program PISEW Menghubungkan Dua Desa Yakni Desa Ngadisanan dan Desa Maguwan

Ponorogo Panjinasional.net  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema PKT atau Padat Karya Tunai. 

Salah satunya adalah Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa. 

Desa Ngadisanan dan Desa Maguwan kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo yang tahun 2021 ini menerima program PISEW yang dialokasikan untuk pembangunan jembatan penghubung antara desa Ngadisanan didukuh Pagersari menghubungkan Desa Maguwan Didukuh Banyu Gong dengan lebar 4 meter dan panjang 12 meter.

Suparni Kepala Desa Ngadisanan Saat Ditemui Jurnalis Panjinasional, Selasa, 31/08/2021 menyampaikan, “Pembangunan infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW sangat membantu mobilitas masyarakat  yang bertujuan memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan sekaligus menjadi jalan penghubung antara desa Ngadisanan dan desa Maguwan yang mana pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat,” tuturnya. 

Program ini diharapkan mampu meningkatkan akses transportasi masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, dan dana tersebut bersumber dari APBN dengan alokasi anggaran 600 Juta,” terangnya.

Lebih lanjut Kepala desa Ngadisanan menerangkan program PISEW ini adalah program yang dibawa anggota DPR RI dari dapil VII Jatim Hj. Sri Wahyuni, dan kami mengucapkan terimakasih atas direalisasikan program tersebut didesa kami semoga program PISEW terus berkelanjutan guna percepatan pembangunan didesa,” ungkapnya.

Ditempat terpisah Kepala Desa Maguwan Endang Sunarwiyati Mengatakan Bahwasanya, “Dengan adanya program PISEW di desa kami tentu sangat membantu  masyarakat untuk mengangkut hasil buminya bisa lebih lancar.

“Kalau jembatannya sudah jadi, maka warga kita, petani kita, akan lebih mudah membawa hasil panennya ke tempat mereka menjual hasil panennya tersebut. Tentu harapan lebih jauh, hal semacam ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Endang Sunarwiyati Kepala Desa Maguwan.(Jurnalis Ujang RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here