Petani Bakal Terima Penyaluran Alsintan Dari DBHCHT Pamekasan

0
12
Petani tembakau Pamekasan.

PAMEKASAN, PANJINASIONAL.NET – Pemerintah Kabupaten Pamekasan Jawa timur sudah mengalokasikan peruntukan dana hibah untuk petani dari anggaran sebagian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DHBCHT) Tahun 2021 kepada Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian khusus bidang kesejahteraan masyarakat Bumi Gerbang Salam.

Hal tersebut diungkapkan Achmad Suaidi kabid produksi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pamekasan, anggaran 8.8 miliar yang didapatkan dari anggaran DBHCHT ditujukan untuk kesejahteraan petani. Dana nantinya dialokasikan untuk peningkatan kualitas bahan baku tembakau yang saat ini sudah masuk masa panen raya di Kabupaten setempat.

Achmad Suaidi menambahkan, alokasi dana tersebut untuk kegiatan dan operasional sekolah lapang dan untuk pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) yang dinilai sangat penting untuk hasil panen serta rehabilitasi jalan produksi pertanian. 

Pelatihan tembakau ini untuk menambah keterampilan para petani dalam mengolah daun emas untuk peningkatan kesejahteraan para petani. 

 “Saat ini pelatihan tembakau melalui sekolah lapang meliputi 10 kelompok tani dan sudah berjalan,” jelasnya. Senin (30/08/2021). 

Selanjutnya ia menerangkan, Sekolah lapang penting untuk meningkatkan kemampuan petani tentang budidaya tembakau varietas unggul dan cara yang tepat.

Sedangkan, alsintan diberikan untuk penanganan panen dan paska panen tembakau agar hasilnya optimal perajangan, sebelum penjemuran dan pengiriman. “Minggu ini kita akan salurkan 20 unit mesin rajang,” ungkapnya. (Adv). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here