Yayasan Bhetany Yestoya Malang Gelar Vaksin 2

0
39
Petugas kesehatan melakukan penyuntikan vaksin astrazeneca 2 bagi peserta vaksin. (Foto:JP)

Malang, Panjinasional.net – Perkembangan COVID -19 di Indonesia mengalami penurunan yang drastis. Pemerintah  sudah menurunkan level PPKM di beberapa daerah dari dari level 4 ke level 3. PPKM level 4 berakhir pada 30/8. Namun selama pelaksanaan PPKM, kasus harian di Malang justru mengalami kenaikan.

Berdasarkan data dirilis Satgas COVID-19 Kota Malang per 22 Agustus 2021, jumlah warga positif COVID-19 mencapai 14.207 orang, suspek 9.367 orang, sembuh 12.346 dan meninggal dunia sebanyak 1.014 orang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, bahwa perubahan angka kasus harian tak menjadi persoalan. Karena, Pemkot Malang akan lebih memfokuskan untuk percepatan vaksinasi, ujarnya pada awak media.

“Kami tidak terpaku pada angka kasus harian. Tentunya akan mengalami perubahan setiap harinya. Tetapi, kita lebih fokus pada percepatan vaksinasi,” ujar Sutadji menegaskan.

Sutadji mengaku, sampai September 2021 mendatang, Satgas COVID-19 Kota Malang menargetkan 70 persen warga tervaksinasi akan tercapai. “Jadi selama September nanti, sebulan penuh kita percepat vaksinasi. Untuk merealisasikan target 70 persen,” imbuhnya.

Mencermati hal itu Yayasan Bethany Yestoya Malang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Malang, Puskesman Mulyorejo Malang mengadakan Vaksin ke 2 Astrazeneca pada 28/8 di lokasi pembangunan Gereja Bethany Yestoya Malang, Jalan Telaga Bados Tidar, Malang.

Vaksinasi dimulai sejak pagi pukul 06.00 Wib. peserta vaksin sudah mulai berdatangan untuk mengambil nomer antrian yang disediakan petugas  dari Gereja Bethany. Peserta vaksin ke 2 ini sebelumnya sudah melakukan vaksin 1 pada 5/6 yang diikuti oleh warga setempat dan jamaat Gereja Bethany Yesyoya Malang. Peserta vaksin berasal dari Malang, Blitar dan Surabaya. Sebanyak 250 orang telah mengikiti vaksinasi AztraZeneca. Kegiatan vaksinasi berakhir hingga jam 13.00 Wib.

Sementara itu Dr. Samuel Sianto selaku gembala Gereja Bethany Yestoya Malang turut memantau pelaksanaan vaksinasi yang terlihat tertip dan rapi, peserta vaksin merasakan terbantu dengan pelaksanaan vaksin yang digelar Yayasan Bethany Yestoya Malang.

“Kami mendukung program pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi bagi warga. Dan kami bekerjasama dengan Puskesman Mulyorejo,” ujar Samuel Sianto, gembala yang murah senyum dan penuh humor serta dikenal dengan Youtube “30 

Detik Bersama Tuhan Pasti Bisa”

Artje Ronalda peserta vaksin asal Surabaya yang juga  jamaat Gereja Bethany Yestoya Malang mengatakan, “Saya tak ingin kehilangan kesempatan ikut vaksin ke 2. Saya jam 5 pagi sudah berangkat dari Surabaya. Saya merasa senang melihat peserta vaksin  penuh keakraban dan kekeluargaan, tertib lagi,” ujar wanita berambut pendek warna coklat emas.

Menurut rencana panitia akan melakukan program vaksinasi kembali bagi warga dan jamaat gereja Bethany Yestoya Malang, namun jadwal nya belum ditentukan.

Sementara di wilayah Kabupaten Malang tercatat, jumlah warga positif COVID-19 sebanyak 12.853 orang. Dari jumlah itu, 774 pasien dirawat di rumah sakit dan 979 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Untuk kasus sembuh selama PPKM level 4 diterapkan sebanyak 10.407 orang, dan 674 warga Kabupaten Malang telah meninggal dunia karena terpapar virus COVID-19. Sedangkan capaian vaksinasi sampai 22 Agustus 2021 baru mencapai 16 persen, dari target 1.846.012 orang.(Jupri Abdullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here