Pengangkatan Jabatan Administrator Agar Memperhatikan Rambu-Rambu Peraturan Pemerintah

0
125
Herman Wahyudi,SH Ketua LBH FORpKOT

Sumenep, Panjinasional.net – Lembaga Bantuan Hukum Forum Pembela Keadilan dan Orang-Orang Tertindas (LBH FORpKOT) kembali mengingatkan Bupati agar berhati-hati jika akan melakukan pengangkatan atau promosi jabatan terhadap ASN yang akan menduduki Jabatan Administarsi dan jabatan pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pasalnya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, tidak hanya mengatur mengenai rambu-rambu mutasi JPT Pratama, melainkan juga mengatur mengenai persyaratan pengangkatan Jabatan Administratif (JA) dan Jabatan Fungsional (JF)

” Ketika misalnya Bupati nanti akan melakukan pengangkatan atau promosi terhadap jabatan administrator dan jabatan pengawas, kami minta  agar memperhatikan rambu-rambu yang telah tertuang didalam ketentuan Pasal 54 ayat (1) dan (2),” kata Herman Wahyudi, S.H., Juma’t (27/8/2021)

Sebab, menurut Herman, dia biasa dipanggil, persyaratan untuk dapat diangkat dalam jabatan administrator dan jabatan pengawas sudah diatur secara detiel didalam ketentuan Pasal 54 tersebut.

Lebih lanjut Herman menuturkan bahwa, setiap ASN yang sudah memenuhi persyaratan juga mempunyai hak yang sama untuk diangkat atau dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

” Nah ketika rambu-rambu peraturan mengenai pengangkatan jabatan administrator dan pengawas itu benar-benar diterapkan maka akan tercipta suatu iklim pengisian jabatan yang ideal dan sesuai standar. Sehingga tercipta SDM ASN yang unggul di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumenep,” tandasnya.

” Pengisian Personalia jabatan struktural di lingkungan Pemkab Sumenep jangan hanya berdasarkan dasar Like or Dislike apalagi hanya kepentingan keuntungan politik belaka tapi harus tetap berpatokan kepada peraturan perundangan, keterpenuhan syarat admnistratif dan yang paling penting adalah kapasitas, kapabelitas dan integritas ASN yang bersangkutan” jelas Herman menutup Wawancara.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here