Majelis Kabulkan Permohonan Informasi Riwayat Tanah Driyorejo Gresik

0
16

Surabaya, Panjinasional.net – Majelis Komisioner KI Prov Jatim memutuskan mengabulkan permohonan Pemohon untuk sebagian informasi. Keputusan ini dibacakan langsung oleh Ketua Majelis  A Nur Aminuddin secara virtual pada sidang Kartika Yuliati (Pemohon) dengan Pemerintah Desa Wedoro Anom Kecamatan Driyorejo Kab Gresik (Termohon), Kamis (19/8) di Ruang Sidang KI Prov Jatim.

Aminuddin menjelaskan, bahwa informasi yang dimohon oleh Pemohon yakni Riwayat Tanah sebagai informasi yang bersifat terbuka terbatas bagi Pemohon. Hal ini dikarenaka Pemohon bisa membuktikan dirinya adalah ahli waris dan pemegang hak atas tanah tersebut, dibuktikan dalam sidang sebelumnya.

“Memerintahkan kepada Termohon untuk memberikan informasi keterangan tertulis tentang Riwayat Tanah sebagaimana dimaksud kepada Pemohon, selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja sejak putusan ini berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde),” tegasnya saat mengetok palu.

Aminuddin juga menuturkan, ada beberapa pertimbangan sehingga mengabulkan sebagian. Diantaranya, Termohon hanya menguasai Letter C Desa, sedangkan Pemohon memohon informasi berkaitan dengan Riwayat Tanah dan Berita Acara Hibah dan Waris, jika sudah dihibahkan dan diwariskan. 

“Majelis berpendapat bahwa Termohon dapat memberikan Keterangan Riwayat Tanah yang dimohon oleh Pemohon berdasarkan buku C Desa yang dikuasai oleh Termohon. Sedangkan berkaitan dengan Berita Acara Hibah dan Waris, jika Termohon tidak menguasai informasinya, Termohon tidak memiliki kewajiban untuk memenuhi permohonan Pemohon,” paparnya.

Hal ini diambil dan diputuskan dalam Rapat Permusyawaratan Majelis Komisioner yaitu A. Nur Aminuddin selaku Ketua, Edi Purwanto dan Imadoeddin masing-masing sebagai Anggota dengan didampingi oleh Feby Krisbiyantoro sebagai Panitera Pengganti. (ris/KIjtm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here