Gunakan Alokasi DBHCHT, Pemkab Pamekasan Bangun Jalan Pertanian Permudah Akses Petani

0
9
Kepala dinas DKPP kabupaten Pamekasan, Ajib Abdullah

PAMEKASAN, PANJINASIONAL.NET – Pemkab Pamekasan akan mempercepat pembangunan jalan Pertanian dari pemanfaatan alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Pamekasan Jawa timur tahun 2021.

Secara teknis hal ini akan dilakukan oleh Pemkab setempat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Madura. Bahkan bukan hanya itu saja, mereka juga sudah merancang program khusus kegiatan pembangunan lainnya.

Dalam data yang ada sudah dilakukan ancang-ancang untuk pembangunan berbagai sarana fisik dan infrastruktur penunjang pertanian. Yakni mulai dari akses jalan pertanian hingga perluasan jaringan dan area irigasi di lahan pertanian Bumi Gerbang Salam.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Ajib Abdullah, memang pembangunan infrastruktur itu perlu. Karena untuk memberikan kemudahan petani dalam memelihara dan merawat pertaniannya.

Berbagai program pembangunan infrastruktur tersebut akan memanfaatkan alokasi DBHCHT tahun 2021 yang melekat pada DKPP Pamekasan. Sebab, Dana Bagi Hasil Cukai tersebut sudah diploting untuk kesejahteraan masyarakat petani.

Yakni salah satunya dengan memberi kemudahan sarana transportasi bagi para petani khusus yang bertani tembakau hingga ke pelosok. Terlebih, sebelumnya para petani itu dinilai mengalami kesulitan akses menuju lahan pertaniannya.

Apalagi bagi para petani yang membutuhkan mobilitas dan akses memadai. Itu saat mereka untuk mengangkut hasil pertaniannya.

“Irigasi juga dibangun untuk kemudahan dalam merawat dan menyiram tembakau, sehingga petani dapat terbantu dalam progres penanaman, pemeliharaan, hingga panennya,” katanya setelah menghadiri grup forum discossion untuk percepatan pembangunan KIHT. Kamis (19/8/2021).

Untuk itu, pihaknya sudah siapkan setidaknya ada 30 lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan infrastruktur tersebut. Dengan berbagai pertimbangan teknis dan efektivitas pemanfaatan pembangunan fasilitas itu nantinya.

Terkait dengan dana yang disediakan untuk program infrastruktur pertanian itu, disiapkan DKPP senilai 3 milyar. Semua untuk seluruh pembiayaan program yang dirancang DKPP pada tahun anggaran DBHCHT 2021 ini. (Adv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here