Bikin Geger. Kandungan Logam Uang Koin Rp 1.000 bisa Laku Puluhan Juta

0
20
Gambar Ilustrasi

Panjinasional.net – Bikin Geger, banyak yang penasaran uang koin Rp 1.000 gambar kelapa sawit laku puluhan juta rupiah apa sih kandungan logamnya.

Terungkap kandungan logam uang koin Rp 1.000 laku Rp 50 juta ternyata isinya bikin bikers kaget terdiri dari 3 macam logam.

Karena seperti tak masuk akal laku hingga puluhan juta pasti pengin tahu komposisi logam apa saja.   

Sebenarnya ini sudah bikin geger dari beberapa waktu lalu namun kembali bikin heboh lagi. Uang koin kelapa sawit sampai puluhan juta rupiah ditawarkan para pelapak toko di online kembali terjadi.

Kembali membuat viral, lantaran banderol yang dijajakan cukup tinggi dan seperti mengada-ada. Bahkan ketika itu Bank Indonesia pernah meluruskan uang koin Rp 1.000 kelapa sawit tersebut.

Ini bikin penasaran apa sih kandungan atau komposisi logamnya?

Nikel…

Dilansir dari laman Bank Indonesia, uang logam Rp 1000 gambar kelapa sawit punya nama asli Uang Logam Bank Indonesia Emisi 1993.

Kalau dari tahunnya jelas diketahui jika uang logam kelapa sawit diterbitkan pada tahun 1993 atau tepatnya 8 Maret 1993.

Secara kasat mata uang logam ini lebih tebal dari lainnya. Coba bandingkan dengan uang logam pecahan Rp 500 yang lebih tipis.

Uang yang berbentuk bulat pipih itu beratnya 8,60 gram, dengan tebal 2,40 mm. Pada bagian luar diameternya 26 mm, sedangkan dalam diameternya 18 mm.

Untuk warna dominan, pada bagian luar berwarna putih, baik di sisi depan maupun belakang.

Sedangkan bagian dalamnya berwarna kuning, baik di sisi depan maupun belakang. Cek ciri-cirinya, uang itu adanya teks “KELAPA SAWIT” dan “Rp 1.000” di sisi belakang. Selain itu juga ada gambar kelapa sawit.

Detail komposisinya yaitu, bagian cincin (luar): 75% copper, 25% nickel, dan bagian inti: 60-70% Copper, 40-30% Zinc.

Namanya memang aneh-aneh, apas sih copper? Copper atau yang lebih dikenal dengan sebutan tembaga, unsur kimia dalam tabel periodik memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.

Sedangkan nikel adalah unsur kimia metalik dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ni dan nomor atom 28.

Nikel adalah logam berwarna putih keperak–perakan sedikit semburat keemasan. Sedangkan zinc adalah timah, unsur kimia dengan lambang kimia Zn, bernomor atom 30, dan massa atom relatif 65,39.,dikutip dari bangkapos@red..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here