Luar Biasa, Perbup No 45-2021 Keluar Tanpa Konsultasi ke TA Bupati Bidang Hukum

0
409
Perbup nomor 54 tahun 2021

Sumenep, Panjinasional.net – Keluarnya Peraturan Bupati Sumenep (Perbup) Nomor 45 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala desa (Pilkades) Serentak Akibat Penundaan Pelaksanaan Hari  “H” Pemungutan Suara, semakin menyita perhatian publik secara nasional.

Pasalnya, mulai beredar Informasi, waktu Pemkab Sumenep (Bupati) mengeluarkan Perbup nomor 45 Tahun 2021 tersebut, sebelumnya tanpa dikonsultasikan ke Tenaga Ahli Bupati Bidang Hukum. 

Dikonfirmasi melalui WA, Tenaga Ahli Bupati Bidang Hukum DR., Syafik, S.H, mengatakan “Belum ada mas,” kata DR.,Syafik,S.H, Senin (9/8/2021) kemarin, saat ditanya waktu Pemkab Sumenep (Bupati) mengeluarkan Perbup nomor 45-2021, apakah sebelumnya sudah di konsultasikan ke Bapak selaku Tenaga Ahli (TA) Bupati Sumenep Bidang Hukum..?

Kemudian saat dipertegas, berarti keluarnya atau terbitnya Perbup baru no 45-2021 tersebut tanpa melibatkan TA Bupati Bidang Hukum,?.🙏🙏. Selanjutnya diminta tanggapan terhadap Perbup khusus, apakah memang ada namanya Perbup khusus…?🙏🙏, pihaknya menyarankan agar awak www.panjinasional.net menanyakan ke DPMD atau Bagian Hukum.

” Tanya dulu ke DPMD atau bagian hukum saja ya, 🙏. Karena kemungkinan Perbub itu usulan DPMD atau bagian Hukum,” sarannya.

BACA: https://panjinasional.net/2021/08/04/pasca-jadi-perbincangan-istilah-perbup-khusus-mulai-muncul/

Sementara itu dalam Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli.,S. Sos, M.Si., mengatakan, sudah dibahas dalam Tim dan pihak-pihak terkait.

” Kalau konsultasi kan tidak harus satu forum. Tapi kalau komunikasi dalam berbagai hal, kita terus nyambung kok,” kata Moh. Ramli, saat dikonfirmasi melalui via telpon gengamnya. Rabu (11/8/2021).

BACA: https://panjinasional.net/2021/08/02/pemerhati-kebijakan-pemerintah-daerah-apakah-di-bolehkan-perbup-diatur-perbup/

Disinggung, Jadi dengan Tim Ahli Bupati juga sudah konsultasi berarti Pak ya?. Dikatakannya, ” Iya dalam berbagai hal iya,” ucapnya.

Kalau terkait dengan Perbup yang baru itu apakah sudah dikonsultasikan sebelumnya Pak?, kata dia, secara spesifik tidak langsung mengatakan ke Perbup itu. Tapi hal-hal terkait Pilkades kita terus komonikasi. ” Perbup 45 itu kan, salah satu sekian aturan Pilkades kan. Tidak ada masalah kok,” ujarnya.@Qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here