Tinggal Selangkah Kelurahan Tanjung Perak Terwujud

0
22

Surabaya, Panjinasional.net – Demi mewujudkan kesejahteraan warga di kawasan Tanjung Perak, Kota Surabaya, sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah setempat yang memberikan restu guna terealisasinya penggabungan dua kelurahan menjadi satu wilayah yaitu Kelurahan Tanjung Perak.

Wakil rakyat yang  sekaligus Sekretaris Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Surabaya H.Budi Leksono di Surabaya, mengatakan, wilayah Tanjung Perak bisa dibilang pintu gerbang masuknyaroda perekonomian di kota Surabaya bagian utara.

“Maka sangat rugi kalau Pemkot Surabaya tidak bisa memanfaatkan potensi itu dengan baik untuk kesejahteraan warga setempat,” ujarnya.

Lanjut Budi Leksono, Dengan adanya penggabungan dua kelurahan di Kecamatan Pabean Cantikan yakni Kelurahan Perak Timur dan Kelurahan Perak Utara yang melebur menjadi satu Kelurahan Tanjung Perak, justru kesejahteraan masyarakat setempat bisa lebih diperhatikan.

Di pihak Camat Pabean Cantian Dewanto Kusomo dengan Legowo mengatakan, sebelum adanya penggabungan dua kelurahan itu, pihaknya sudah melakukan penelitian dan sosialisasi sejak tahun 2018 hingga 2020.

Sedangkan untuk kebutuhan masyarakat berkaitan dengan perubahan data kependudukan atau KTP, Dewanto mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya.

Dewanto juga menjelaskan, untuk pengurusan KTP dan KK, warga cukup di kumpulkan secara kolektif di RT masing-masing agar bisa langsung diproses di Kelurahan terlebih dahulu. selanjutnya dari Kelurahan lalu menyampaikan ke kecamatan untuk melakukan pembaharuan alamat di masing-masing RT/RW.

“Pihak Kecamatan akan melakukan pencetakan KTP-KSK, atau dari Pihak Dispendukcapil yang akan mencetak. Itu nanti kami serahkan ke warga lagi melalui RT juga,” kata Dewanto secara rinci.

Ditambahkan Ketua LPMK Perak Timur Surabaya Tamam mengatakan, bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan penggabungan dua kelurahan di satu Kelurahan Tanjung Perak, karena bisa saja nanti akan menjadi suatu kekuatan yang dinilai lebih besar dalam kekompakan masyarakatnya. 

Dengan demikian, lanjut Tamam, adanya penggabungan ini, pihaknya berharap Pemkot Surabaya lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Tanjung Perak nantinya. “Melalui penggabungan ini, Kami berharap masyarakat bisa diperhatikan kesejahteraannya baik bantuan CSR dari pengusaha maupun bantuan lainnya,” tambah Tamam.@edy’s.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here