42 Taruna AAL Korps Pelaut Bestek Bintang di Atas Geladak Bima Suci

0
8

Panjinasional.net AAL – Sebanyak 42 taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Korps Pelaut Tingkat lll Angkatan ke-68 melaksanakan latihan dan praktek astronomi dalam pelayaran Latihan Praktek Kartika Jala Krida (Lattek KJK) 2021 di atas geladak KRI Bima Suci, yang sedang lego di perairan kei kecil Maluku Tenggara tadi malam. 07/08.

Menurut Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK tahun 2021, Letkol Laut (P) Khairul Anwar mengatakan, saat ini KRI Bima Suci dan Satlat KJK posisi lego jangkar, sebelum menyelesaikan etape ke-2 dari Labuan Bajo ke Tual.

Palaklat memantau langsung kegiatan Lattek astronomi ini. Ilmu astronomi ini wajib dikuasai  oleh Taruna AAL khususnya korps pelaut dan berharap Taruna Korps Pelaut mengerti dan memahami tugas seorang pelaut sebagai bekal bertugas di kapal perang nantinya.

Khairul -sapaan akrab Palaklat KJK 2021 ini – menjelaskan tentang alat navigasi tersebut. Fungsi Sextant itu sendiri lanjutnya, adalah alat untuk mengukur tinggi benda angkasa, matahari, bintang, bulan dalam pengetahuan navigasi astronomi.

Taruna Korps Pelaut dalam hal ini sebagai calon Perwira Navigasi, harus mampu dan mengerti bagaimana cara penggunaan alat ini secara baik dan benar, karena ketepatan dalam menghitung secara manual dengan Sextant akan menentukan posisi kapal sampai dengan titik tujuan.

Setelah pelaksanaan pengukuran dengan Sextant, selanjutnya dihitung dengan metode sun-run-sun, sun-run-merpass, penghitungan posisi menggunakan tiga bintang dan hasilnya akan diplot dalan peta sehingga mengetahui posisi kapal. “Alat ini digunakan apabila GPS (Global Positioning System) di kapal tidak berfungsi, maka akan menggunakan secara manual dengan menggunakan Sextant,” pungkasnya.@penAAL/Red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here