Berebut Vaksin Gratis di RS TNI AU Soemitro

0
142

Panjinasional.net Surabaya – Berita vaksinasi masih menjadi tranding Topik di medsos. Belum lama ini Presiden Jokowi setelah mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 9 Agustus 2021. Hal ini mengingat Covid-19 masih berada level tinggi pada wilayah Jawa-Bali.

Pemerintah menghimbau masyarakat untuk hidup sesuai Prokes dan melakukan kegiatan di rumah. Menjalankan vaksinasi yang sudah ditentukan pemerintah atau  instansi lain. 

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara menyambut baik himbauan pemerintah untuk melaksanakan kegiatan vaksin massal gratis bagi masyarakat. Kegiatan yang dilakukan di Rumah Sakit TNI AU Soemitro, Surabaya, (6/8) disambut antusias masyarakat yang berbondong-bondong ikut terdaftar sebagai peserta vaksin.

Sejak malam pukul 19.00 Wib, RS TNI AU Soemitro dipenuhi masyarakat untuk antri mendapatkan nomer antri vaksin. Mereka berdatangan dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, Malang. Ada juga peserta dari luar Jawa Timur, mereka ingin peluang vaksin gratis ini bisa diikuti. 

“Saya dapat info dari saudara kalau TNI AU adakan vaksin gratis. Buat saya ini kesempatan yang sangat baik, gratis lagi pak” ujar Amin pria paru baya asal Surabaya

Sementara itu petugas dari TNI AU turut mengamankan dan menata antrian masyarakat yang begitu banyak hingga malam hari. Pantauan Panjinasional.net dari malam hingga pagi jelang pelaksanaan vaksin pukul 07.00 WIB. Masyarakat begitu semangat mengikuti vaksin ini bahkan sudah melebihi kuota yang ditentukan sebanyak 350 peserta vaksin. 

Banyak masyarakat akhirnya harus terima kenyataan tak bisa mengikuti vaksin gratis karena kuota sudah habis. Hal ini  dijelaskan oleh petugas vaksin dari TNI AU dan papan tulisan Kuota Habis  juga terpasang di dinding depan rumah sakit.

Kepala Rumah Sakit TNI AU Soemitro Lanud Muljono, Mayor Kes. dr. Yuli Nur Hidayati, Sp.A mengatakan kegiatan vaksin ini dilakukan sejak 3 Juli 2021 secara online dan menjadi serbuan awal masyarakat yang ikut vaksin perhari mencapai 300 orang. Hingga Agustus jadwal vaksin gratis sudah tersusun. Target yang dicapai 700 orang dalam sehari yang dilakukan di dua tempat yang berbeda. 

“Kami melaksakan kegiatan vaksin sesuai anjuran pemerintah dimana target vaksin perhari satu juta orang”, ungkap  perwira yang ramah dan  mengontrol pelaksanaan vaksin.

Dokter Yuli menambahkan pelaksanaan vaksin yang diadakan TNI AU juga melayani permintaan dari beberapa desa juga perusahaan dan Garnisun Surabaya. Pada Senin, 9 Agustus 2021 akan diadakan vaksin secara massal yang dimulai pukul 07.00 WIB dengan peserta on the spot, pendaftaran secara langsung seperti yang dilakukan hari ini. 

“Saya ikut vaksin pertama. Saya melihat kegiatan vaksin TNI AU pelaksananya rapi dan tertata, ya pokok baik lak mas, saya senang,” ujar Yefta Krisdante  mahasiswa IPBI Bali yang tinggal di Malang. (Jupri Abdullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here