Perjuangan Lawan Pandemi Masih Panjang, Pemerintah Masih Harus Berbenah

0
13
Gambar Ilustrasi

Alissa Wahid. Sleman, Indonesia dalam Petisinya yang diterima www.panjinasional.net

“Pak Jokowi, Pemda, DPR, tolong lebih sigap dan tanggung jawab dalam penanganan Pandemi” .. Sudah lebih dari satu bulan kita hidup di masa krisis dan genting yang disebabkan oleh gelombang kedua pandemi ini.

Panjinasional – Pemerintah sudah memberlakukan PPKM Darurat dan Level 4 untuk berusaha menurunkan angka kasus, dan hasilnya sudah sedikit terlihat. Angka vaksinasi sempat tinggi, angka kasus baru juga tampak menurun. Walaupun begitu, angka kematian karena pandemi ini..

Pemerintah sudah memberlakukan PPKM Darurat dan Level 4 untuk berusaha menurunkan angka kasus, dan hasilnya sudah sedikit terlihat. Angka vaksinasi sempat tinggi, angka kasus baru juga tampak menurun.

Walaupun begitu, angka kematian karena pandemi masih sangat tinggi. Lebih dari 1.000 orang, yang adalah ayah, ibu, kakek, nenek, adik, kakak kita meninggal setiap harinya.

Untuk itu, kita tidak bisa berlengah terlebih dahulu. Pemerintah harus memiliki manajemen krisis yang lebih jelas, terstruktur dan sistematis. Ini adalah beberapa langkah yang bisa kita desak agar pemerintah lakukan.

Pertama, pemerintah harus memastikan keterbukaan dan kepastian data dan informasi pandemi ini. Data testing, kasus dan kematian di daerah dan pusat masih berbeda. Data kematian orang-orang yang isolasi juga kemungkinan besar lebih tinggi dari yang resmi.

Kedua, komunikasi kepada publik harus diperbaiki. Bukan sekali dua kali publik dibingungkan dengan informasi yang berbeda dari pejabat, atau adanya pernyataan-pernyataan tidak sensitif dari mereka.

Ketiga, pemerintah harus memastikan perlindungan sosial bagi masyarakat selama PPKM dan juga melibatkan masyarakat secara lebih aktif. Semua rakyat Indonesia harus diberi bantuan, agar bisa bertahan hidup. Libatkan juga pemuka agama agar masyarakat lebih patuh protokol kesehatan.

Keempat, memperbaiki sistem vaksinasi. Banyak daerah yang kekurangan vaksin, sehingga distribusi harus diperbaiki. Suntikan ketiga untuk nakes juga harus dipercepat.

Kelima, penguatan puskesmas. Berikan puskesmas wewenang dan bekal yang cukup untuk menangani Covid-19 agar bisa membantu meringankan beban dari rumah sakit.

Perjuangan kita masih jauh dari selesai. Tanpa adanya manajemen krisis yang baik dari pemerintah dan kepatuhan masyarakat, kita tidak akan pernah bebas dari pandemi ini. Perlahan tapi pasti, kita harus bisa bangkit dari situasi ini.@net/pet..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here