Penyaluran BLT DD Lancar,Kades Kedungmaron Ucapkan Terimakasih Kepada Pemerintah

0
29

Panjinasional.Madiun – Pemerintah terus mengucurkan bantuan keuangan ke masyarakat untuk mengatasi beban ekonomi yang cukup berat sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat. Entah sampai kapan pandemi covid19 ini berakhir, pemerintah juga belum bisa menjamin Pasti kapan akan berakhir.

Pandemi Covid-19 ini begitu dahsyatnya melumpuhkan perekonomian nasional maupun dunia yang terintegrasi dalam ekonomi global. Hampir semua negara sibuk dengan urusannya masing-masing dalam upaya menanggulangi pandemi covid19 ini supaya roda perekonomian segera pulih seperti sedia kala.

Untuk itu pemerintah Indonesia saat ini memfokuskan diri untuk mengatasi dampak pandemi covid19 ini terhadap masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah. Berbagai program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat telah diluncurkan untuk mengurangi beban berat ekonomi masyarakat dan untuk memulihkan roda perekonomian nasional.

Pemerintah beranggapan bahwa Pandemi Covid-19 boleh ada tetapi roda perekonomian nasional harus tetap berjalan. Sebagai contoh program yang telah diluncurkan untuk mengurangi beban berat ekonomi masyarakat yaitu peluncuran Bantuan Langsung Tunai yang sudah dilaksanakan cukup lama dan masyarakat juga merasa terbantu dengan program bantuan ini.

Di Desa Kedungmaron,Kec. Pilangkenceng,Kab. Madiun menurut Kades Sudiman bahwa pelaksanaan penyaluran dana bantuan BLT DD ini sudah dilaksanakan secara bertahap dan masyarakat juga merasa terbantu dengan adanya program bantuan ini.

Menurut data yang ada, jumlah Kelompok Penerima Manfaat / KPM kurang lebih ada sekitar 102 an  orang. Dan bantuan ini telah diterimakan ke masyarakat melalui petugas Bank Jatim di Kantor Desa dibantu perangkat desa.

Adapun teknis penyaluran nya tetap menerapkan prosedur Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai petunjuk pemerintah pusat.

“Untuk pelaksanaan penyaluran bantuan BLT DD ini sudah dilaksanakan secara bertahap dan masyarakat penerima manfaat diundang di kantor desa. Dan petugas Bank Jatim yang langsung menyerahkan bantuan BLT DD ini sesuai data base yang sudah terverifikasi.Sebelum datang ke kantor desa, masyarakat diberikan surat undangan terlebih dahulu untuk pendataan, dan pada waktu pelaksanaan penyaluran bantuan BLT DD maka surat undangan itu harus dibawa sebagai bukti bahwa data penerima manfaat sudah Klir dan valid dengan data petugas Bank Jatim,” terang Kades Sudiman (30/7/2021).

Terlihat sejak pagi sebelum petugas Bank Jatim datang, masyarakat sudah antusias datang lebih awal dan semua disarankan untuk mengikuti protokol kesehatan anjuran pemerintah dalam upaya menekan penyebaran covid19.

Perangkat desa bersama Babinkamtibmas dan Babinsa berupaya membantu menertibkan masyarakat dalam pelaksanaan penyaluran bantuan BLT DD ini supaya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Masyarakat merasa senang dengan adanya program bantuan BLT DD ini untuk mengurangi beban berat ekonomi masyarakat selama pandemi covid19 berlangsung.”

Untuk program bantuan BLT DD ini masyarakat penerima manfaat menerima bantuan sebesar 300 ribu per bulan.

Dan masyarakat penerima manfaat ini sebelumnya sudah terdata dengan baik sebagai Kelompok Penerima Manfaat/KPM di database pemerintah. Semoga program bantuan BLT DD ini bisa meringankan beban berat ekonomi masyarakat selama pandemi covid19 ini berlangsung ,” Harap Kades Sudiman.(Warti).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here