Merubah Fasum, Sedangkan Bangunan Belum Memiliki IMB

0
17

Sampang Panjinasional.net – Menelusuri keseriusan sebuah Fasilitas Umum (fasum). yang terletak di akses masuk perumahan Puri matahari kelurahan karang dalam kecamatan sampang, ditemukan fasilitas Umum yang di rubah menjadi bangunan gedung  permanen (pertokoan) Senin 26/7/2021.

Sedangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dari hasil penelusuran, Pasca Audensi yang di lakukan oleh LSM Lasbanra. DPMPTSP Sampang, keordinasinya diserahkan kepada yang terkait di Pemerintah kabupaten Sampang.

Disinggung terkait kepemilikan bangunan, kepada DPMPTSP, pihaknya mengatakan jauh sebelum ini sudah melakukan action, jadi action yang di lakukan adalah sebagai kewenangan DPMPTSP itu hanya terkait dengan ada tidaknya mendirikan bangunan (IMB), maka saya sudah sampaikan di awal bahwa bangunan yang sedang di bangun itu kami belum menerima permohonan ijin mendirikan bangunannya, apalagi menerbitkan, tutur Kadis Nurul Hadi.

Selanjutnya.!, di tanya tentang surat menyurat dari kepemilikan bangunan, Kadis menyampaikan bahwa, “Saya pikir surat yang dari DPRKP adalah surat dari pemerintah kabupaten Sampang yang di tanda tangani Sekretaris Daerah (sekda), maka itu sudah mengakomodir dan menjadi kebijakan pemerintah daerah, jadi kami dari unsur OPD tidak bisa serta merta memberikan somasi” ucap Nurul Hadi.

Perlu diketahui, Adanya alih fungsi Fasum yang dibangun gedung permanen itu diduga telah melanggar ketentuan tentang penyerahan Fasum kepada Pemerintah Daerah (Perda), hal itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 9 tahun 2009 tentang pedoman penyerahan prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan permukiman di Daerah.

Termasuk Perda Kabupaten Sampang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Prasarana Sarana dan Utilitas Umum, serta Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Penyerahan. Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan Nomor 188.45/489/KEP/434.012/2020 tentang Tim Verifikasi Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan di Kabupaten Sampang tahun 2020.(san/mal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here