Optimalkan Penyerapan Anggaran Dana Desa Untuk Program Refocussing Kemajuan Desa

0
26

Panjinasional. Madiun.- Pemerintahan Desa Doho,Kec.Dolopo, Kab.Madiun dibawah kendali Kades Drs Slamet Daroini Mukti terus melakukan pembenahan diri untuk memacu kinerja demi peningkatan produktivitas demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.Salah satu alternativ untuk mengangkat citra desa maka Kades Drs Slamet Daroini Mukti beserta jajarannya bekerja keras untuk menggali, mengangkat,mengelola dan mengembangkan semua potensi desa yang ada demi kemajuan desa dan kemakmuran masyarakat desa.Kades Slamet dan jajarannya sudah membangun komitmen untuk menanamkan semangat bekerja cerdas dan bekerja keras.

     Semua pihak yang berkompeten dibidangnya masing-masing dirangkul dan diajak untuk membangun demi kemajuan dan kesejahteraan desa.Karena menurut Kades Slamet bahwa keberhasilan dan kemajuan desa itu terwujud karena semua elemen desa solid,kompak dan bersatu padu antusias untuk membangun desa.Dan nilai-nilai luhur warisan nenek moyang dan leluhur yaitu gotong-royong dan bermusyawarah untuk bermufakat selalu dijunjung tinggi di kehidupan sosial sehari-hari.

    Salah satu strategi untuk memajukan desanya,Kades Drs Slamet Daroini Mukti saat ini dalam situasi pandemi covid19 yaitu memprioritaskan penyerapan dan pengelolaan  anggaran Dana Desa 2021 melalui program refocussing untuk memperbaiki kondisi jalan lingkungan desa.Prioritas pembangunan infrastruktur saat ini yaitu pembangunan perbaikan jalan melalui program pengaspalan lapen yang dilaksanakan oleh Timlak/TPK bekerja sama dengan pihak ketiga yang ahli dalam bidang nya.

“Karena program pengaspalan lapen ini membutuhkan keahlian khusus dan masyarakat tidak bisa melaksanakan nya sendiri,maka program pengaspalan lapen ini menggandeng pihak CV dan diserahkan ke pihak ketiga yaitu rekanan supaya hasilnya lebih baik.Dan dalam situasi pandemi covid19 saat ini,maka program refocussing lebih diutamakan,” tegas Kades Slamet.

    Dalam pelaksanaan program pembangunan desa,Kades Drs Slamet Daroini Mukti selalu memperhatikan kondisi warga desanya.Untuk itu dalam pelaksanaan pembangunan desa selalu memprioritaskan program pemberdayaan yaitu penyerapan tenaga kerja lokal disekitar lokasi pembangunan.

“Dengan adanya program pembangunan infrastruktur ini, diharapkan dapat memanfaatkan program pemberdayaan yaitu penyerapan tenaga kerja lokal dan pemanfaatan pembelian material untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur desa,” tegas Kades Drs Slamet Daroini Mukti.(9/7/2021).

    Semua wilayah desa yang akan mendapatkan proyek yang terdiri dari 4 dusun, masyarakat nya diajak koordinasi dengan mengedepankan semangat gotong royong supaya masyarakat desa juga merasa mempunyai rasa tanggung jawab terhadap pembangunan desa.Dengan mengedepankan semangat gotong royong selama ini, maka dirasa tidak akan membebani masyarakat.(Warti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here