Pilkades Serentak di Sumenep Akhirnya Resmi Ditunda

0
22

Sumenep, Panjinasional.net – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akhirnya resmi menunda pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021.

Keputusan menunda pelaksanaan Pilkades serentak tersebut berdasarkan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas peraturan Mendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Selain itu, juga berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, dan Keputusan Gubernur (Kepgub) tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dikeluarkan pada Jumat, 2 Juli 2021, lalu.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep juga telah mengadakan rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) yang, di antaranya, dihadiri oleh Bupati, Dandim, Kapolres, dan Ketua DPRD Sumenep.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam konferensi pers nya mengatakan, “Seperti yang teman-teman semua ketahui adanya Surat Edaran Mendagri No.15 Tahun 2021 dan ada juga Permendagri No. 72 tahun 2020. Dan itu menjadi dasar penundaan Pilkades Serentak di Sumenep,” terang Bupati Sumenep. Senin (5/7/2021)

Kemudian Achmad Fauzi juga menyampaikan dengan tren kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep yang terus naik, demi keselamatan masyarakat Sumenep, maka Pilkades Serentak di Sumenep secara resmi ditunda.

Sekadar diketahui, Pilkades serentak 2021 di Sumenep sedianya akan dilaksanakan pada 8 Juli 2021 ini.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here