Kades Jatirejo: Salurkan BLT DD Untuk Membantu Meringankan Beban Ekonomi Masyarakat

0
13

Panjinasional. Madiun – Pandemi covid19 yang sampai saat ini belum selesai,membawa dampak yang cukup berat buat masyarakat.Masyarakat tidak punya pilihan hidup, selain harus menghadapi dampak pandemi covid19 ini yang merambah sampai ke seluruh dunia khususnya di wilayah Kabupaten Madiun.Penyebaran pandemi covid19 saat ini sulit dideteksi dini karena penyebaran nya melalui aktivitas kegiatan masyarakat yang selalu bergerak berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain,dari satu kota ke kota lain.

Dengan pemberlakuan PPKM yang menjadi kebijakan pemerintah pusat diharapkan dapat menekan penyebaran pandemi covid19.Meski kebijakan PPKM telah dilaksanakan, cukup efektif juga dalam menekan penyebaran pandemi covid19 ke wilayah lainnya.Pemerintah berharap pandemi covid19 segera berakhir dan aktivitas roda perekonomian nasional dapat berjalan lancar kembali seperti semula.Meski saat ini belum berakhir pandemi covid19 nya, pemerintah tetap menaruh perhatian besar terhadap masyarakat bawah terutama yang terkena dampak pandemi covid19.Dampak pandemi covid19 ini mengakibatkan roda perekonomian masyarakat menjadi lumpuh dan terganggu.

Untuk menyikapi situasi ini maka pemerintah meluncurkan berbagai program bantuan sosial untuk membantu meringankan beban berat ekonomi masyarakat.Bantuan sosial yang diluncurkan pemerintah saat ini lewat pemerintahan desa yaitu BLT DD.Bantuan ini langsung disalurkan oleh petugas yang telah ditunjuk pemerintah daerah untuk menyalurkan ke masyarakat.

Petugas akan menyalurkan bantuan Sesuai dengan data yang telah terverifikasi.Untuk penyaluran yang ada di Desa Jatirejo,Kec.Wonoasri,Kab.madiun dilaksanakan oleh petugas Bank Jatim yang telah bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah.

Menurut Kades Khozim Zainuri bahwa jumlah peserta penerima bantuan BLT DD saat ini ada 61 orang. Sebelum peserta menerima bantuan BLT DD,maka peserta diverifikasi dahulu datanya, apakah layak menerima bantuan tersebut apa tidak..? Setelah data terverifikasi dari pemerintah daerah turun, maka masyarakat diundang untuk menghadiri proses penyaluran bantuan BLT DD secara langsung oleh petugas Bank Jatim yang telah ditunjuk bekerja sama dengan pemerintah daerah.

” Untuk peserta penerima bantuan BLT DD ini berjumlah 61 orang yang ada di Desa Jatirejo ini. Per KPM menerima bantuan BLT DD sebesar 300 ribu.Sedangkan warga desa lainnya mendapatkan program bantuan sosial lainnya seperti BST dari Kementerian sosial.Untuk pelaksanaan penyaluran bantuan BLT DD ini tetap memperhatikan protokol kesehatan anjuran pemerintah untuk menekan penyebaran pandemi covid19. Dan untuk penertiban kegiatan penyaluran bantuan BLT DD ini dibantu perangkat desa dan Bhabinkamtibmas supaya proses penyaluran bantuan nya berjalan lancar. Masyarakat desa cukup antusias menerima bantuan BLT DD ini.Semoga bantuan BLT DD ini bermanfaat untuk meringankan beban berat ekonomi masyarakat,” terang Kades Khozim Zainuri.(23/6/2021).

Menurut Kades Khozim Zainuri bahwa pelaksanaan penyaluran bantuan BLT DD ini sudah dilaksanakan beberapa tahap sejak tahap pertama yang lalu.Dan yang mengatur jadwal pelaksanaan kegiatan penyaluran bantuan BLT DD ini adalah pemerintah daerah yang telah bekerjasama dengan pihak Bank Jatim.

Dan sumber anggaran bantuan BLT DD ini adalah diambilkan dari anggaran Dana Desa untuk disalurkan ke penerima manfaat KPM, dimana database nya sudah masuk lolos verifikasi.Suminem salah satu peserta KPM mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas adanya program bantuan BLT DD ini yang cukup membantu meringankan beban berat ekonomi masyarakat saat ini akibat pandemi covid19 ini. ” Matur nuwun sanget kagem pemerintah ingkang sampun peduli Dateng nasibe masyarakat alit.Mugi-mugi bantuanne berkah bermanfaat lan wabah covid19 Niki cepet selesai,” Harap Suminem.(Warti).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here