Bersih Desa Maguwan Gelar Selamatan dan Ruwatan

0
21
Larungan Saji Di Beji Besar Desa Maguwan Oleh Kepala Desa Endang Sunarwiyati

Ponorogo Panjinasional.net – Bersih desa atau biasa disebut sedekah bumi  merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas nikmat yang telah diterima. Dengan sedekah bumi atau bersih desa, diharapkan desa tersebut terbebas dari segala balak atau musibah sehingga desa menjadi damai, tentram guyub rukun, aman, sejahtera dan lancar dalam menjalankan pemerintahan serta pembangunan.

Prosesi Selamatan dan Genduri Bersih Desa Maguwan Taati Protokol Kesehatan Covid19

Pemerintah Desa Maguwan Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, melestarikan tradisi sedekah bumi ini sebagai warisan leluhur yang selalu diadakan setiap tahun yang jatuh pada hari Jumat Kliwon, pada bulan Selo (bulan Jawa). Pada tahun ini, bersih desa di Desa Maguwan diselenggarakan dengan rangkaian acara, diawali hari Rabu 16/ 06/ 2021 dengan ziarah makam sesepuh desa atau pendiri desa, dimalam harinya simaan Alquran dan istighozah  Pada hari Jumat Kliwon (18/06/2021), diadakan ritual sedekah bumi di Beji Besar Desa Maguwan, kemudian dilanjutkan genduri bersama, larung saji dan dilanjutkan pagelaran kesenian wayang kulit, dengan menampilkan dalang Ki Tukiman dari Tugurejo kecamatan Sawoo, bertempat di Paseban Beji dengan menaati protokol kesehatan Covid 19.

Kepala Desa Maguwan, Endang Sunarwiyati, menyampaikan bahwa bersih desa di Desa Maguwan, sudah menjadi tradisi sejak dulu dengan menggelar kesenian Wayang Kulit , yang bertempat di Paseban Beji Maguwan di siang hari, beliau berharap dengan bersih desa tersebut, nantinya Desa Maguwan akan semakin aman, damai, tentrem totoraharjo, gemah-ripah, lohjinawi, pembangunan lancar, masyarakat makmur dan sejahtera.

“Saya berharap kepada Pemdes Maguan dan masyarakat bisa bersinergi dalam membangun desa untuk mencapai pembangunan yang merata, adil makmur dan sejahtera,” harapnya.,@Jurnalis’Ujang RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here