Lapas Umum Kelas IIA Pamekasan Lakukan Sidak Dan Penggeledahan ke Kamar Hunian WBP

0
20
Saat dilakukan sidak dan penggeledahan didalam blok hunian WBP lapas kelas IIA Pamekasan

Panjinasional, Pamekasan  – Lapas Kelas IIA Pamekasan mengadakan sidak dan. Penggeledahan sebagai bentuk komitmen untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang kedalam blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tepat pukul 00.00 wib. Kamis (17/06/21).

Saat dilakukan sidak dan penggeledahan didalam blok hunian WBP lapas kelas IIA Pamekasan

M. Hanafi Selaku Kepala Lapas Kelas IIA pamekasan mengatakan, dalam Penggeledahan tersebut melibatkan Kepala Kesatuan pengamanan, Ka sie Bengker dan para petugas lapas.

“Sidak ini sebagai bentuk komitmen dan jajarannya untuk mencegah dan menekan masuknya barang-barang terlarang kedalam Blok hunian agar terbebas dari peredaran barang terlarang utamanya narkoba dan handphone,” jelasnya.

Sidak ini juga sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah Jawa Timur dan Pimpinan dalam hal penertiban sekaligus pencegahan dan penindakan dan penertiban serta menjaga stabilitas di Lapas pamekasan sekalian upaya untuk meminimalisir gangguan-gangguan keamanan dari barang terlarang” ungkap Hanafi. Selanjutnya, pihaknya melakukan tes urien ke seluruh petugas dan para narapidana

Menurut Hanafi pihaknya tengah mempersiapkan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) dengan bekerja sama dan dukungan  Direktur Reserse Narkoba Polda Jatim Kombes Pol Hanny Hidayat dan jajaran Polres pamekasan ,BBNK Pamekasan.

koordinasi kegiatan tentang pencegahan narkoba terhadap warga binaan di lapas Pamekasan ini agar tidak ada ego sektoral dalam mencapai kesamaan persepsi menuju Lapas pamekasan  Zero Narkoba.

Ini merupakan langkah cepat untuk menindaklanjuti arahan dan perintah pimpinan, sehingga dilakukan Sidak pada malam hari, dan menyasar Warga Binaan yang menyimpan handphone, narkoba, dan benda terlarang lainnya ke blok Lapas pamekasan.

Dalam penggeledahan tersebut tidak ditemukan narkoba, namun petugas berhasil mengamankan beberapa unit Handphone, beserta barang logam lainnya.

“Meski tidak menemukan obat-obat terlarang namun, kami berhasil mengamankan sejumlah barang terlarang handphone, charger, gulungan kabel, serta logam. Semua barang temuan hasil razia tersebut selanjutnya akan didata dan akan segera dimusnahkan.” tegasNya

Selanjutnya Hanafi menjelaskan, Lapas Pamekasan  merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kanwil Kemenkumham jatim yang diusulkan dan sedang berproses menuju Zona Integritas mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dengan adanya sidak secara berkala, juga sebagai salah satu upaya untuk memastikan Lapas pamekasan yang diusulkan WBK ini memang benar-benar berproses melakukan perbaikan

“Terima kasih banyak atas bantuan Polres pamekasan  yang ikut serta menjaga stabilitas keamanan didalam Lapas pamekasan,” pungkasnya. (Put)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here