Kades Wayut Optimalkan Penyerapan Program Dana BKK 2021

0
27
Kades Wayut Subroto saat di wawancara awak media Panjinasional di kantornya

Panjinasional. Madiun – Pemerintah pusat saat ini berkomitmen mempercepat pembangunan nasional secara merata.Dan program pembangunan nasional ini saat ini difokuskan langsung pemerataan ke semua wilayah yang ada di nusantara ini.

Pemerintah pusat melalui kementerian pedesaan saat ini mengucurkan dana yang bersumber dari APBN untuk pelaksanaan pembangunan program Dana Desa maupun Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Melalui Menteri pedesaan,pemerintah pusat akan menggelontorkan dana desa  untuk mempercepat program pemerataan.

Program Pembangunan desa Wayut terealisasi dengan dana BKK

Dan program pembangunan ini difokuskan untuk pembangunan infra struktur/fisik yang bisa menyerap tenaga kerja. Sehingga pengucuran program APBN ini bisa mengurangi angka pengangguran masyarakat desa. Program Dana Desa dan BKK ini seperti yang telah dilaksanakan di Desa Wayut,Kec Jiwan, Kab Madiun terbukti telah banyak membantu mengurangi angka pengangguran karena program ini telah menyerap banyak tenaga kerja.

 Program ini cukup efektif untuk pengoptimalan program pemberdayaan masyarakat. Masyarakat Desa Wayut, Kec Jiwan, Kab Madiun merasa senang dan berterimakasih dengan adanya program pembangunan melalui Dana Desa maupun BKK. “Dengan adanya program dari pemerintah ini telah sangat membantu masyarakat dalam mengurangi angka pengangguran mas.Dan bisa menggerakan dan mengangkat perekonomian desa ini,” terang Sardi salah seorang warga desa.

Menurut Sardi diwilayahnya telah dibangun drainase dan pengaspalan hotmix sehingga kondisi jalannya menjadi lebih baik sehingga bisa memperlancar kegiatan warga desa. Ketika wartawan melakukan klarifikasi terkait penggunaan program APBN ini, Kades Subroto mengatakan bahwa pihaknya melalui Tim TPK Desa yang akan mengutamakan pembangunan desanya melalui hasil Musrenbangdes dulu seperti Rabat beton,jembatan,talut ,drainase dan pengaspalan. 

Menurut Kades Subroto pembangunan yang ada di desanya ini menjadi tanggungjawab bersama.Dan pihaknya tidak akan bisa bekerja sendiri.Untuk itu, pihaknya bersama lembaga desa dan tokoh masyarakat akan membangun desanya menjadi lebih baik lagi.

     Menurutnya,jumlah penduduk yang ada di desanya cukup besar dan ini menjadi aset yang cukup penting. Untuk itu, program BKK tahun ini difokuskan terlebih dahulu untuk pembangunan fisik dibeberapa titik lokasi yang antara lain telah dilaksanakan di wilayah pedusunan.

“Program BKK tahun ini difokuskan ke pembangunan infra struktur/fisik  supaya nanti kondisi jalan desa yang akan dibangun menjadi lebih baik dan gak gampang rusak.Dan program pembangunannya merata di wilayah pedusunan sehingga masyarakat desa bisa menikmati hasil pembangunan dari program pemerintah pusat tersebut” tegas Kades Subroto kepada wartawan .(9/6/2021).

Masih Kades Subroto, untuk tahun ini anggaran Dana Desa dan BKK yang telah diterimanya difokuskan untuk program pavingisasi , drainase dan pengaspalan hotmix sebagai upaya perbaikan dan penguatan kondisi jalan desa. Kades Subroto mengucapkan terimakasih atas turunnya dana desa maupun BKK  ini, semoga pembangunan desanya dapat lebih baik dan lebih maju lagi.

Kades Subroto menyadari bahwa masih banyak wilayah desanya yang perlu perhatian dan masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk dapat memajukan pembangunan desanya.Dan berharap supaya pemerintah kedepannya lebih memperhatikan kondisi desanya dan tetap mengucurkan program bantuan keuangan BKK dan Dana Desa karena  desanya masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk pemerataan pembangunan.

Karena program ini juga berperan sebagai program pemberdayaan masyarakat yang dapat mengurangi angka pengangguran.  “Meskipun Saya sudah menjabat 2 periode  sebagai kepala desa. Saya ingin desa saya maju dan lebih baik lagi serta dapat mengejar ketertinggalannya dengan desa lainnya. Terlebih wilayah desanya sebagai tamping berbatasan dengan wilayah Kota Madiun, Saya ingin mewujudkan visi dan misi saya untuk desa ini supaya dengan kepemimpinan sebagai kades dapat membangun dan memberikan kontribusi yang berharga buat desa ini termasuk mengangkat potensi desa yang ada ,”tegasnya.(Warti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here