DPC FKPQ Indonesia MoU dengan Dispendukcapil Sidoarjo untuk Penerbitan Identitas Santri

0
232
Momentum pelaksanaan MoU Ketua FKPQ Indonesia dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo. www.panjinasional.net – Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat terutama para santri yang belum memilki Kartu keluarga, akte kelahiran maupun yang belum memiliki kartu identitas anak, maka DPC FKPQ Indonesia melakukan kerjasama (Mou) dengan Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo.

Ketua DPC  Forum Komunikasi Pendidikan Al Quran (FKPQ) Indonesia Sidoarjo Sukarno, M.Pd.I. telah menandatangani kerjasama pada Jumat, 4 Juni 2021 dengan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sidoarjo di ruangan Kepala Dinas Drs. Reddy Kusuma,MA.

Draf kerjasama FKPQ Indonesia dengan Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo

Menurut  Bambang Suroso selaku pengawas FKPQ Indonesia Sidoarjo, maksud dan tujuan dilakukan MoU dengan Dispendukcapil adalah untuk mewujudkan sinkronisasi  kegiatan urusan penyelenggaraan pelayanan publik antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Sidoarjo. Dan untuk mendukung secara administrasi Kependudukan, khususnya dalam hal Pelayanan Penertiban Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anggota DPC FKPQ Indonesia di Kabupaten Sidoarjo, termasuk kepala-kepala TPQ, guru-guru ngaji dan para santrinya.

“Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mengutamakan efektifitas, koordinasi dan kerjasama para pihak (DPC FKPQ Indonesia dan Dispendukcapil Sidoarjo) dalam rangka pelaksanaan Pelayanan Akte Kelehiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi Anggota DPC FKPQ Indonesia Kabupaten Sidoarjo.” lanjut Bambang  Suroso yang akrab dipanggil Mbah Suro.

“Selain itu juga untuk mengawal TPQ dalam rangka pengajuan bantuam uang untuk guru-guru ngaji se kabupaten Sidoarjo oleh DPC FKPQ “ tuturnya.

Sementara itu ketua DPC FKPQ Indonesia Kabupaten Sidoarjo mengatakan ”Dengan adanya kerjasama penandatanganan Mou dengan Dispendukcapil terkait  penertiban Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA)  untuk bisa membantu para santri TPQ sekabupaten Sidoarjo,  mulai dari usia PAUD, SMP, dan SMA sederajat, karena sampai saat ini banyak orang tua santri yang mungkin belum mengurus, kami akan menyisir atau door to door untuk memenuhi kerjasama ini dengan Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo.

Selanjutnya manfaat kerjasama ini, untuk membantu TPQ-TPQ dalam rangka membantu mensukseskan  program-program pemerintah termasuk pengurusan Akte Kelahiran, KK, KIA, karena banyaknya pengurusan secara manual di Dispendukcapil menjadikan Ormas dan lembaga termasuk FKPQ Sidorjo terpanggil. “Semoga kerjasama ini menjadi barokah, terhadap pengurus DPC FKPQ agar semakin kuat, solid bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya Dispendukcapil, termasuk bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kemudian santri-santri yang di daerah-daerah akan bisa terpenuhi legalitas Identitasnya, sehingga tidak ada lagi permasalahan dimasa depan bagi anak-anak kita” pungkasnya. @*tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here