Trotoar Depan Puskesmas Pandian Beralih Fungsi Jadi Lahan Parkir?

0
6

Sumenep, www.panjinasional.net – Trotoar di depan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Pandian Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, nampaknya terkesan mulai beralih fungsi menjadi lahan parkir?

Pasalnya, tampak terlihat Ambulance milik Puskesmas tersebut diparkir di area lahan trotoar tersebut. Sehingga dalam hal ini memantik reaksi dari Ketua Aktivis Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GARIS).

Menurut Supardi, Aktivis Ketua Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GARIS) menyatakan, kalau mengamati dari sebagian bentuk keberadaan trotoar di depan Puskesmas Pandian saat ini hemat kami fungsinya sudah mulai berubah,” terang Supardi. 

” Perubahan itu terlihat sudah di keprasnya sebagian bentuk dari trotoar atau dengan tanda kutip sebagian dibuat rata,” kata Supardi, Senin (24/5/2021).

Padahal ujar Supardi, hak pejalan kaki sudah jelas diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Pasal 45 menyebutkan trotoar adalah salah satu fasilitis pendukung penyelenggaraan lalu lintas. Pada Pasal 131 ayat (1) disebutkan pejalanan kaki berhak atas ketersedian fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain. 

” Mengenai trotoar, juga diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Tahun 2006 tentang Jalan. Didalam Pasal 34 ayat (4) yang menyebutkan, trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki,” sambung dia.

” Oleh karena itu, kami meminta kepada pihak terkait agar mengembalikan kembali fungsi trotoar tersebut. Karena ini menyangkut hak masyarakat pejalan kaki,” pintanya.

Terpisah Kepala UPT Puskesmas Pandian Achmad Syamsuri, mulai menepis jika trotoar tersebut beralih fungsi. Menurutnya, sebetulnya bukan alih fungsi terkait dengan trotoar yang sementara ini kami pakek untuk lahan parkir.  ” Karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan,” kata Achmad Syamsuri, saat ditemui ketempat kerjanya. Senin (24/5/2021).

Bahkan pihaknya mengklaim jika sebelum memakai untuk lahan parkir, pihaknya sudah ijin ke Dishub. ” Kami sudah ijin ke Dishub dengan alasan-alasan rekomendasi yang kami sampaikan, bahwa ini kami ijin untuk memakai trotoar dari depan Puskesmas, tapi, tidak full pas tengah-tengah,” klaimnya.

Jadi, Sambung dia, tidak full dari trotoar bangunan Puskesmas yang dari barat sampai ketimur enggak kami fungsikan semua. ” Artinya hanya cukup di depannya pelayanan saja, UGD, Rawat Inap, sama Loket,” tandasnya.@bas/qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here