PERBAIKI KONDISI JALAN LINGKUNGAN, KADES RANDU ALAS FOKUS GARAP PROGRAM RABAT

0
29

Panjinasional. Madiun – Wilayah Desa Randu Alas Kec.Kare,Kab.Madiun terletak disebelah utara wilayah kecamatan yang berbatasan dengan wilayah Perhutani. Dan jarak dari ibukota kabupaten sekitar 25 Km. Kondisi alamnya terkesan gersang di musim kemarau seperti ini sehingga kondisi tekstur tanahnya kelihatan retak-retak akibat musim kemarau yang panjang.

Dengan kondisi tanah yang cukup labil itu menyebabkan banyak kondisi jalan yang rusak, Terlebih ketika musim penghujan tiba, maka kondisi jalan menjadi rusak dan becek akibat genangan air hujan. Untuk menyiasati kondisi jalan yang rusak ini, Kades Suyadi berinisiatif atas aspirasi masyarakat desa agar kondisi jalan yang ada di Desa Randu Alas Kec.Kare, Kab.Madiun diperbaiki melal├╣i program pembangunan Anggaran Dana BKK yang bersumber dari APBN. ini difokuskan untuk program rabat jalan lingkungan. Karena wilayah cakupannya luas, maka pembangunannya akan ditata dan direalisasikan secara bertahap.

Untuk tahun ini, program pembangunan jalan desa direalisasikan melalui program pengecoran/rabat beton yang pelaksanaannya ditangani oleh Timlak. “Untuk memperbaiki kondisi jalan di Desa Randu Alas ini, saat ini dilaksanakan program pembangunan rabat jalan lingkungan dan hampir di semua wilayah desa sebagai program pemerataan pembangunan. Sehingga masyarakat desa bisa menikmati hasil pembangunan melalui program Dana Desa khususnya dana BKK ini.

Meski wilayahnya cukup luas dan perlu anggaran yang cukup besar maka program pembangunan desa akan dilaksanakan secara bertahap sesuai kemampuan anggaran.

Untuk pelaksanaan program pembangunan desa ini, masyarakat dilibatkan supaya dapat mengurangi angka pengangguran,” terang Kades Suyadi.(28/5/2021).

Menurut keterangan Ketua TPK Eko, bahwa pelaksanaan pembangunan rabat ini hampir selesai 80 % saat ini. Sehingga nantinya semua kondisi jalan yang ada di desanya menjadi lebih baik, awet dan tahan lama.

Dibandingkan dengan program pengaspalan, program pembangunan jalan rabat ini akan lebih baik dan berumur panjang. “Program rabat beton ini merupakan program aspirasi keinginan dari masyarakat desa untuk memperbaiki kondisi jalan desa yang rusak dan berlubang. Dibandingkan program pengaspalan, program rabat beton merupakan program yang cocok dan efektif yang sesuai dengan kondisi jalan Desa RanduAlas yang berada di lereng Gunung Wilis. Dengan program rabat beton ini masyarakat merasa senang dan berharap kondisi jalannya menjadi lebih baik dan tahan lama ,” terang Ketua TPK Eko.

Selanjutnya Kades Suyadi berkomitmen ingin memberikan pelayanan ke masyarakat menjadi lebih baik karena jabatan yang diembannya merupakan amanah masyarakat yang wajib dilaksanakan sepenuh hati. Untuk itu dengan adanya program dana desa, anggaran yang ada akan diserap secara optimal dan digunakan untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa supaya ada kemajuan dan perkembangan yang baik pembangunan desanya.(Warti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here