Budi Leksono: Ada Destinasi Wisata Surabaya Kampung Sejarah Peneleh

0
48
Budi Leksono saat menjadi narasumber di stasiun metro tv

Panjinasional, Surabaya – Peneleh adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Kelurahan Peneleh dijuluki Kampung Bapak Bangsa karena setidaknya ada tiga pahlawan yang tinggal, besar, dan lahir di kelurahan ini.

Maka dari itu,  Peneleh layak menjadi Destinasi Wisata Surabaya hal itu saat 

adanya giat melanjutkan pembangunan di saluran dan pedestrian di jalan Peneleh Surabaya terdapat banyak tempat bersejarah dan layak dijuluki sebagai “Kampung Sejarah”. Hal tersebut disampaikan H. Budi Leksono,SH Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P Kota Surabaya.

Di Peneleh itu sarat dengan bangunan Cagar Budaya, seperti Makam Kuno tokoh-tokoh Belanda. Bahkan ada peninggalan Sejarah pada jaman Majapahit juga ada di Lawang Seketeng dan Sumur Jobong. Maka dari itu kampung peneleh layak mendapat julukan sebagai Kampung Sejarah dan menjadikan Area Destinasi Wisata satu-satunya di Surabaya. Tambah Budi Sekretaris Komisi A Kota Surabaya saat menjadi nara sumber di Stasiun TV Metro, Jumat 28/05 Pkl 21.00.

Di Peneleh Surabaya terdapat bangunan bersejarah,  yaitu sebuah Rumah tempat kelahiran Bapak Presiden Pertama, pada masa kecil proklamator  bangsa Indonesia, Ir. Soekarno yang beralamat di Jalan Pandean IV Nomer 50, lalu Tempat Makam mbah Pitono yang merupakan Guru Ngaji Bung Karno dan disana juga ada Langgar Dhuwur, sebuah Langgar/Masjid yang sudah berusia 2 Abad.

Langgar Dhuwur ini diresmikan oleh Bu Risma Wali Kota dan sudah menjadi Aset Pemkot Surabaya.

Jadi menurut Budi Leksono Politisi PDI-P yang dikenal dengan sebutan BULEK99 itu, Kampung Peneleh bisa menjadi kewajiban bagi Pemerintah Kota untuk menjadikan wilayah ini sebagai “Kampung Sejarah” yang indah dipandang dan sangat layak dijadikan Destinasi Wisata Kota Surabaya untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara,@gtt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here