Hampir Memasuki Musim Tanam Tembakau, Dispertahortbun Sumenep Gelar Sosialisasi Edukasi

0
67

Sumenep, www.panjinasional.net – Guna untuk mewujudkan hasil pertanian tembakau yang bagus secara kualitas sesuai dengan target yang diharapkan. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahurtbun) menggelar acara Sosialisasi Intensifikasi Tembakau pada hari Juma’t 28 Mei 2021.

Kegiatan Sosialisi dengan Tema Daun Emas ini dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahurtbun) Kabupaten Sumenep.

Acara Soasilisasi tersebut menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Perwakilan dari Dinas Perkebunan Jawa Timur, pemerhati petani tembakau dan pabrikan, serta puluhan peserta yang tergabung dalam Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang tersebar di Kabupaten Sumenep paling ujung timur Pulau Madura.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi terhadap Petani serta upaya Pemerintah mewujudkan hasil pertanian yang bagus secara kualitas sesuai dengan target yang diharapkan oleh pabrikan.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto, S.TP., M. Si, menyampaikan bahwa tujuan digelarnya sosialisasi tersebut adalah, untuk memberikan edukasi terhadap Petani serta upaya Pemerintah mewujudkan hasil pertanian yang bagus secara kualitas sesuai dengan target yang diharapkan oleh pabrikan.

Adapun untuk mewujudkan hasil pertanian tembakau yang berkualitas tinggi, pihaknya menjelaskan terhadap para petani bahwa beberapa tahapan seperti pembibitan, pemilihan benih, pemupukan, dan perawatan tembakau harus sesuai dengan Standar Operasional Prosesur (SOP).

“Kemudian diusahakan untuk tepat jenis, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat dosis,” terang Arif Firmanto., S. TP., M. Si., Juma’t (28/5)

Masih menurut Arif, untuk menjaga hasil usaha kualitas tembakau tetap bagus sesuai dengan kebutuhan pabrikan, pihaknya menyarankan bagi Petani untuk menanam usaha pertanian tembakau di wilayah tegal dan pegunungan saja.

Kepala Dinas yang dikenal pekerja keras ini juga menghimbau kepada Petani bahwa berdasarkan ramalan cuaca pada BMKG, untuk masa tanam tembakau yang baik adalah pada kisaran awal bulan Juni di tahun 2021.

Sementara itu, Imam Syafii salah satu anggota Kelompok Tani yang juga hadir pada acara sosialisasi, siap bersama dengan Petani di Desanya untuk lebih giat lagi meningkatkan kualitas hasil pertanian tembakau.

“Dengan adanya sosialisasi ini, mudah-mudahan para Petani dan kami siap sebagai Petani, meningkatkan kualitas hasil pertanian,” kata Imam Syafii.@ADV/qib/dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here