Masjid Baiturrohim Waru Gelar Sholat Gerhana Bulan

0
53
Prof. DR. KH. Ali Mudhofir. M

Sidoarjo. www.panjinasional.net РGerhana bulan total terjadi pada Rabu, 26 Mei 2021 yang dapat disaksikan masyarakat Indonesia. Fenomena alam ini bisa disaksikan mulai pukul 18.08 WIB hingga 18.26 WIB. Gerhana Bulan sendiri sudah dimulai dari pukul 16.43 WIB dan akan berakhir pada pukul 19.51 WIB. Total durasi gerhana berlangsung selama 3 jam 8 menit.

Adanya fenomena gerhana bulan yang dalam bahasa Arab disebut Khusuf, bagi umat Islam dianjurkan mengerjakan shalat sunah dua rakaat atau shalat sunah khusuf. Setelah itu dilanjutkan dua khutbah. 

Karena itu ketua dan pengurus takmir masjid Baiturrohim di jalan Letjend. S. Parman Waru Sidoarjo menggelar sholat gerhana bulan, dan yang menjadi khotib adalah Prof.DR. KH. Ali Mudhofir MAg. bilal , Achmad Rosjid S.Pd, sedangkan imam sholat adalah Drs. KH. Nur Hidayatulloh.   

Menurut ketua takmir H. Aliyas, Gerhana Matahari maupun Gerhana Bulan itu terjadi setiap tahun, tetapi pada tahun 2021 ini Indonesia hanya terlintasi Gerhana Bulan, tidak terlintasi Gerhana Matahari. Gerhana bulan akan terjadi kembali diperkirakan InsyaAllah  pada tanggal 19 November 2021 mendatang. 

“Dan bagi umat islam disunahkan mengerjakan sholat dua rokaat atau disebut Sholat khusuf, hukumnya sunah muakad” kata H. Aliyas.             

“Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah sehingga dapat menikmati tanda kebesaran Allah melalui Gerhana bulan yang akan datang” pungkasnya..**Afd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here