Pelayanan Publik Cukup di Kelurahan, Wali Kota Surabaya Ngantor di Kelurahan

0
52

Panjinasional, Surabaya – Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menargetkan semua pelayanan publik bisa berhenti di tingkat kelurahan dan kecamatan. Hal ini ia sampaikan saat kembali berkantor di kelurahan, Jumat (21/5/2021).

Pada hari kedua ngantor di kelurahan, Cak Eri panggilan Walikota Surabaya berkantor di dua Kelurahan sekaligus.

Saat berkantor di Kelurahan Ngagelrejo Kecamatan Wonokromo, dan siang harinya ngantor di Kelurahan Kertajaya Kecamatan Gubeng.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat kembali melanjutkan program berkantor di kelurahan, Jumat (21/5/2021).

Pada pagi harinya ketika tiba di kantor Kelurahan Ngagelrejo, ia langsung menyapa warga sambil menanyakan keperluannya berkunjung ke kelurahan itu.

Kedatangan Ibu-ibu yang membawa anaknya itu menjelaskan bahwa ada kendala di akta kelahiran yang tak kunjung selesai.

Mendengar keluhan tersebut, Wali Kota Eri langsung turun tangan. Dia meminta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mendampinginya. Termasuk, dalam penggunaan aplikasi Klampid. Dengan menggunakan aplikasi ini, seharusnya urusan administrasi bisa selesai cepat.

Di tempat yang sama, Cak Eri juga mendengar keluhan tentang pengurusan akte waris.

Termasuk penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 hingga pelayanan administrasi yang belum sepenuhnya menggunakan online atau aplikasi.

“Ternyata, pelayanan administrasi belum semuanya lewat aplikasi. Cuma administrasi yang surat menyurat,” kata Cak Eri.

Sejumlah dokumen ternyata masih bersifat manual. Misalnya, surat keterangan domisili, surat keterangan waris dan beberapa administrasi lainnya. “Sehingga, ke depan saya minta semua pelayanan administrasi harus melalui aplikasi atau online,” kata Eri di Kelurahan Ngagelrejo.

Cak Eri pun memastikan akan mengubah semua sistem. Harapannya, ke depan tidak ada lagi orang datang ke kantor pemerintahan dengan menunjukkan surat-surat manual.

Sehingga, izin yang keluar harus dengan tanpa bertemu. Hal ini menjadi tolok ukur keberhasilan bagi kelurahan. “Sebaliknya, kalau keluarnya izin dan surat-surat keterangan harus bertemu dulu, berarti ada penilaian buat lurahnya,” kata dia.

Usai dari kantor Kelurahan Ngagelrejo, ia berkantor di Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Tiba dikantor kelurahan, dia sempat melihat beberapa ruangan lurah dan jajarannya, termasuk pelayanan kepada warga.

Dia menemukan ada tembok yang lembab dan catnya mengelupas. Melihat kondisi tersebut, dia pun memanggil Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian, dan jajarannya.

Saat itu juga Eri meminta tembok yang bermasalah itu diperbaiki dan diberi partisi. Sehingga, ruang pelayanan nantinya akan ada di depan dan ruang lurah dan jajarannya berada di bagian belakang.

“Insyallah perbaikannya cepat. Sehingga, warga masuk itu langsung ketemu dengan pelayanan, tidak perlu masuk ke dalam, sehingga ini nanti lebih luas dan warga lebih nyaman ketika menunggu pelayanan,” tegasnya.

Selanjutnya Eri juga melayani warga yang hendak mengurus waris di notaris. Warga yang bersangkutan terkendala nama di KTP dan KK serta surat keterangan lainnya yang tidak sama.

Selain itu, yang datang ke kelurahan adalah adik yang bersangkutan. Sehingga, Cak Eri meminta kakaknya langsung yang datang ke kelurahan untuk menyelesaikan dokumen tersebut. “Akhirnya, kakaknya yang datang ke kelurahan dan menjelaskan tentang masalahnya. Saya langsung minta untuk mengganti KTP-nya,” katanya.

“Iya, Mereka tidak hanya menerima surat keterangan. Akhirnya mereka juga tahu bahwa pelayanan KTP di Surabaya sangat cepat hanya sehari,” kata dia.

Menurut Walikota, pelayanan yang seperti ini yang harus terus dikembangkan dan disosialisasikan kepada warga.

Sehingga semua warga bisa merasa bahwa pelayanan publik bisa nyaman berhenti di kelurahan.

Ia juga memastikan bahwa ke depannya pelayanan publik harus berhenti di kelurahan. “Kami memang tidak sempurna, tapi kami akan terus meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan,” katanya.@red..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here